PENERAPAN JURNALISME BENCANA DI KOMPAS.COM (ANALISIS FRAMING PADA BERITA BANJIR JAKARTA EDISI 26 APRIL – 3 MEI 2019)

Eka Rafika Santi, NIM: 14210001 (2019) PENERAPAN JURNALISME BENCANA DI KOMPAS.COM (ANALISIS FRAMING PADA BERITA BANJIR JAKARTA EDISI 26 APRIL – 3 MEI 2019). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN JURNALISME BENCANA DI KOMPAS.COM (ANALISIS FRAMING PADA BERITA BANJIR JAKARTA EDISI 26 APRIL – 3 MEI 2019))
14210001_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN JURNALISME BENCANA DI KOMPAS.COM (ANALISIS FRAMING PADA BERITA BANJIR JAKARTA EDISI 26 APRIL – 3 MEI 2019))
14210001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Banjir merupakan bencana rutin yang melanda DKI Jakarta. Dalam data tercatat bahwa banjir Jakarta sudah terjadi bahkan sebelum Indonesia merdeka. Pada tahun 2019 banjir kembali melanda Jakarta sehingga banyak media yang memberitakan peristiwa tersebut. Sayangnya, pemberitaan yang diproduksi media lebih condong ke arah politis daripada mengkampanyekan mitigasi bencana. Hal tersebut disinyalir akibat dari perbedaan politik yang terjadi pada Pilkada DKI Jakarta 2017 silam. Ahok yang terjerat kasus penistaan agama, harus rela mendekam di penjara selama dua tahun. Sementara Anies Baswedan muncul sebagai tokoh cendikiawan muslim. Perpecahan dua kubu pendukung Ahok dan Anies masih terlihat hingga kini dari banyaknya warga yang membandingkan kinerja Ahok yang dinilai lebih baik daripada kinerja Anies dalam mengelola banjir. Penelitian ini memilih framing pemberitaan banjir Jakarta 2019 di Kompas.com sebagai objek kajiannya. Analisis yang digunakan adalah analisis framing model Robert N. Entman yang membagi fokus analisis ke dalam empat aspek yaitu pendefinisian masalah (define problem), memperkirakan penyebab atau sumber masalah (diagnouse causes), membuat keputusan moral (make moral judgement) dan menekankan penyelesaian (treatment recommendation). Teori yang digunakan adalah jurnalisme bencana yang menyoroti pemberitaan kebencanaan di media. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang analisisnya dijelaskan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah jurnalisme bencana tidak diterapkan secara keseluruhan sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh PBB. Banjir Jakarta 2019, oleh Kompas.com justru diberitakan sebagai bencana yang disebabkan karena kinerja Anies dalam mengelola banjir tidak sebaik Ahok. Keberpihakan wartawan terhadap keperluan mitigasi tidak banyak ditemukan dalam berita-berita yang diteliti. Kata kunci: analisis framing, banjir, politik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hamdan Daulay, M.A., M.Si.
Uncontrolled Keywords: analisis framing, banjir, politik
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jul 2020 13:22
Last Modified: 13 Jul 2020 13:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38128

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum