PENGELOLAAN WISATA RELIGI MAKAM MBAH MUTAMAKKIN DESA KAJEN, MARGOYOSO, PATI (STUDI KASUS SINERGISITAS PENGELOLA MAKAM, PEDAGANG, DAN PEMERINTAH DESA)

Muhammad Ulil Albab, NIM: 14230072 (2019) PENGELOLAAN WISATA RELIGI MAKAM MBAH MUTAMAKKIN DESA KAJEN, MARGOYOSO, PATI (STUDI KASUS SINERGISITAS PENGELOLA MAKAM, PEDAGANG, DAN PEMERINTAH DESA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN WISATA RELIGI MAKAM MBAH MUTAMAKKIN DESA KAJEN, MARGOYOSO, PATI (STUDI KASUS SINERGISITAS PENGELOLA MAKAM, PEDAGANG, DAN PEMERINTAH DESA))
Muhammad Ulil Albab_14230072_BAB I DAN BAB IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN WISATA RELIGI MAKAM MBAH MUTAMAKKIN DESA KAJEN, MARGOYOSO, PATI (STUDI KASUS SINERGISITAS PENGELOLA MAKAM, PEDAGANG, DAN PEMERINTAH DESA))
Muhammad Ulil Albab_14230072_BAB II DAN BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Ulil Albab, Pengelolaan Wisata Religi Makam Mbah Mutamakkin Desa Kajen, Margoyoso, Pati, (Studi Kasus Sinergisitas Pengelola Makam, Pedaganng, dan Pemerintah Desa), Skripsi, Yogyakarta: Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tradisi ziarah kubur dulunya dianggap sebagai tradisi pemujaan nenek moyang, setelah datangnya Walisongo, tradisi ini diubah, dengan tujuan untuk mendoakan arwah nenek moyang. Tradisi ini sampai sekarangpun masih ada, semakin banyaknya peziarah yang datang menjadikan masyarakat sekitar makam diuntungkan. Dengan demikian penulis merumuskan dua permasalahn yaitu, pertama, bagaimana sinergisitas pengelola makam, pedagang, dan pemerintah desa bagi pengembangan wisata religi makam Mbah Mutamakkin, Kajen, Margoyoso, Pati? Kedua, bagaimana hasil kerjasama pengelola makam, pedagang, dan pemerintah desa dalam upaya mengembangkan wisata religi? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana kerjasama antara 3 elemen tersebut serta mengetahui hasilnya. Metode Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dilihat validitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan data, serta dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini melalui kerjasama yang dilakukan oleh pengurus makam, pedagang, dan pemerintah desa yaitu pertama, rencana perluasan lahan parkir bagi para peziarah. Kedua, rencana pendirian ruko dan penataan tempat bagi para pedagang. Ketiga, pembatasan tempat berjualan bagi para pedagang. Keempat, suksesnya acara even taunan haul Mbah Mutamakkin. Kata kunci: Wisata Religi, Sinergisitas, Makam Mbah Mutamakkin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Moh. Abu Suhud.M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Wisata Religi, Sinergisitas, Makam Mbah Mutamakkin.
Subjects: Agama (Religion)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Jul 2020 11:29
Last Modified: 16 Jul 2020 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38157

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum