GAMBARAN STRATEGI COPING UMAT KATOLIK KORBAN KEKERASAN BERBASIS AGAMA (Studi Kasus di Gereja Katolik St. Lidwina, Jambon, Trihanggo, Gamping, Sleman, DI Yogyakarta)

Syahrul Bahroni, NIM. 15710113 (2019) GAMBARAN STRATEGI COPING UMAT KATOLIK KORBAN KEKERASAN BERBASIS AGAMA (Studi Kasus di Gereja Katolik St. Lidwina, Jambon, Trihanggo, Gamping, Sleman, DI Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (GAMBARAN STRATEGI COPING UMAT KATOLIK KORBAN KEKERASAN BERBASIS AGAMA (Studi Kasus di Gereja Katolik St. Lidwina, Jambon, Trihanggo, Gamping, Sleman, DI Yogyakarta))
15710113_BAB-I_BAB-TERAKHIR_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (GAMBARAN STRATEGI COPING UMAT KATOLIK KORBAN KEKERASAN BERBASIS AGAMA (Studi Kasus di Gereja Katolik St. Lidwina, Jambon, Trihanggo, Gamping, Sleman, DI Yogyakarta))
15710113_BAB-II_S.D_BAB-SEBELUM-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran strategi coping umat katolik korban kekerasan. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua orang berada di lokasi pada saat kejadian kekerasan terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data terdiri dari mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, mengkoding data, menghubungkan tema, dan menginterpretasi tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua subjek mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan baik dengan berbagai tindakan dan sikap, meskipun respon awal subjek terhadap masalah tersebut adalah kaget, jengkel dan marah, khawatir dan waspada. Namun, setelah subjek mempelajari persoalan secara rasional dan berfikir positif, akhirnya subjek secara bijak menyikapi, bertindak dan merencanakan penyelesaian masalahnya. Faktor yang mendukung terjadinya strategi coping kepada subjek yaitu dukungan yang luar biasa dari berbagai kalangan masyarakat dan faktor perbedaan individual, serta faktor religius. Kata kunci : Kekerasan, korban kekerasan berbasis agama, strategi coping

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ismatul Izzah, S. Th.I., M.A.
Uncontrolled Keywords: Kekerasan, korban kekerasan berbasis agama, strategi coping
Subjects: Agama Kristen (Christianity)
Psikologi
Agama (Religion)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2020 13:33
Last Modified: 07 Aug 2020 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38253

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum