ANALISIS PERUMUSAN DAN PELAKSANAAN PROGRAM MADRASAH UNGGULAN MTs N 6 SLEMAN

ERLINA ANGGUN ZAHARA, 15410029 (2019) ANALISIS PERUMUSAN DAN PELAKSANAAN PROGRAM MADRASAH UNGGULAN MTs N 6 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERUMUSAN DAN PELAKSANAAN PROGRAM MADRASAH UNGGULAN MTs N 6 SLEMAN)
15410029_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERUMUSAN DAN PELAKSANAAN PROGRAM MADRASAH UNGGULAN MTs N 6 SLEMAN)
15410029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ERLINA ANGGUN ZAHARA. Analisis Perumusan dan Pelaksanaan Program Madrasah Unggulan MTs N 6 Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah bahwasanya pendidikan merupakan upaya untuk mengembangkan manusia melalui program-program di dalamnya. Program-program yang dilakukan tidak hanya untuk pengembangan kemampuan akademik, tetapi juga non akademik dikarenakan kecerdasan dan potensi yang dimiliki siswa berbeda-beda. Salah satu program yang diterapkan di MTs N 6 Sleman adalah Program Madrasah Unggulan (PMU). Banyak respon yang ditunjukkan oleh siswa terhadap program ini misalnya keluhan. Kondisi seperti ini tentu disebabkan oleh beberapa hal serta berpengaruh terhadap pencapaian tujuan PMU. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi perumusan maupun pelaksanaan PMU beserta tindak lanjut (solusi) untuk kedepannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif analisis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penetuan subjek penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu teknik penentuan dengan pertimbangan khusus sehingga layak dijadikan sampel. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik . Hasil penelitian menunjukkan: 1) Program Madrasah Unggulan di MTs N 6 Sleman masih tetap eksis hingga saat ini dengan konsep hasil kreativitas sendiri. Sejak tahun 2013 sampai saat ini mengalami tiga perubahan. Perubahan ini merupakan hasil evaluasi pemangku program. 2) Dalam pelaksanaannya, bidang PMU yaitu tahfidz, sains, dan bahasa terbagi menjadi beberapa cabang. Sistem pembelajaran dan penilaian diserahkan kepada masing-masing pengampu dikarenakan belum adanya kurikulum, akan tetapi ada target yang harus dicapai. SDM dan peningkatan mutu SDM masih kurang serta koordinasi dalam program ini masih jarang dilakukan. Ketersediaan sarana dan prasarana cukup memadai meskipun ada beberapa komponen yang belum ada. Untuk kegiatan pendukung PMU yang sering dilakukan adalah field study yang dananya berasal dari subsidi madrasah ditambah iuran siswa. Dalam penerapan program ini, respon baik ditunjukkan oleh siswa dan orang tua. 3) Perumusan PMU di MTs N 6 Sleman telah sesuai dengan prosedur yang ada yaitu penyusunan agenda, adopsi kebijakan, formulasi kebijakan, implementasi kebijakan, dan evaluasi kebijakan. Sedangkan pelaksanaan PMU di MTs N 6 Sleman dapat dikatakan berhasil karena kesesuaian dengan desain, sasaran, dan tujuan PMU. Namun masih terdapat kekurangan di beberapa aspek baik sistem, SDM, sarana dan prasarana, dan peningkatan mutu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, M.A.
Uncontrolled Keywords: Perumusan dan Pelaksanaan Program, Program Madrasah Unggulan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Sep 2020 09:49
Last Modified: 16 Sep 2020 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38462

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum