Suwadi, . (2012) Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam, IX (2). pp. 135-160.
|
Text (Pendidikan Agama Islam)
Suwadi - KONSTRUKSI PEMBELAJARAN KYAI MLANGI DAN RELEVANSINYA BAGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH.pdf - Published Version Download (34MB) | Preview |
Abstract
Abstrak Artikel hasil penelitian individual ini bertujuan untuk menyajikan gambaran yang jelas tentang kontruksi pembelajaran Kyai Mlangi dan relevansinya bagi pembelajaran PAI di Sekolah. Setting lokasi merupakan komunitas pesantren di Mlangi, sebelah Barat Laut Kata Yogyakarta di komplek Masjid Pathak Negari Yogyakarta, yang terdiri dart 13 pondok pesantren. Setelah dilakukan observasi terlibat, wawancara mendalam dan analisis kualitatif, diperloleh kesimpulan bahwa pertama, konstruksi pembelajaran Kyai Mlangi dipetakan ke dalam tiga tipe (1) the child-nurse type, (2) the parent type, dan (3) the grandparent type. Tipe Pembelajaran Ny. Khunah dekat dengan the childnurse type dengan kecenderung pembelajaran mewariskan sebuah perasaan kepuasan pada santriwati bi/a ia mampu menghafal atau membaca al-Qur 'an dengan benar dan fasih. Sementara itu Kyai H. Munahar, Kyai Wirdanuddin dan Gus lfik lebih menthe pa
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kontruksi, tipe pembelajaran, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Kependidikan Islam Jurnal |
Divisions: | Jurnal > 22. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 19 Feb 2020 14:21 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 14:21 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38469 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |