PERAN MANAJEMEN REKRUTMEN DALAM MENJARING PEGAWAI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019

APRILIA AYU SETIYONINGRUM, NIM. 16490039 (2020) PERAN MANAJEMEN REKRUTMEN DALAM MENJARING PEGAWAI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN MANAJEMEN REKRUTMEN DALAM MENJARING PEGAWAI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019)
16490039_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PERAN MANAJEMEN REKRUTMEN DALAM MENJARING PEGAWAI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019)
16490039_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sumber daya manusia adalah hal yang penting dan sangat berpengaruh dalam menjalankan kegiatan operasional organisasi sehingga kelangsungan hidup dan kontinuitas organisasi terus terjaga. Salah satu cara dalam mendapatkan sumber daya manusia adalah melalui rekrutmen. Pengadaan pegawai yang terdiri dari proses rekrutmen, seleksi dan penempatan sumber daya manusia tidak boleh diabaikan, karena akan menentukan keberhasilan dan eksistensi suatu organisasi maupun instansi pemerintahan. Peran manajemen rekrutmen diperlukan dalam proses seleksi dengan dilandasi suatu perencanaan pegawai yang benar-benar matang untuk memperoleh sumber daya manusia dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran manajemen rekrutmen dalam menjaring pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data diperoleh melalui proses reduksi data dan transcribing, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian: (1) Manajemen rekrutmen di Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY sudah memiliki peran yang nampak dalam menjaring pegawai. Adapun peran manajemen rekrutmen dalam menjaring pegawai, meliputi peran perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pengevaluasian. (2) Efektivitas peran manajemen rekrutmen dalam menjaring pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY sudah baik karena sudah dilakukan sesuai dengan SOP berupa juklak dan juknis yang tertuang dalam Peraturan PAN-RB nomor 23 tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi PNS. (3) Faktor pendukung dalam manajemen rekrutmen untuk menjaring pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY antara lain; sumber daya manusia yang berkualitas, adanya SOP (Standard Operating Procedure) berupa juklak dan juknis, serta fasilitas yang sudah cukup memadai. Faktor penghambat dalam manajemen rekrutmen dalam menjaring pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY adalah anggaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Peran Manajemen, Manajemen Rekrutmen, Pegawai Berkualitas
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Jun 2020 10:47
Last Modified: 17 Jun 2020 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39541

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum