IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA WARIA DI PONDOK PESANTREN WARIA AL-FATAH JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

RIFA’ATUL ISTIFAIYYAH, NIM. 16410042 (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA WARIA DI PONDOK PESANTREN WARIA AL-FATAH JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA WARIA DI PONDOK PESANTREN WARIA AL-FATAH JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
RIFA’ATUL ISTIFAIYYAH_BAB I_BAB IV.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA WARIA DI PONDOK PESANTREN WARIA AL-FATAH JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
RIFA’ATUL ISTIFAIYYAH_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena waria dalam kehidupan masyarakat yang hak-haknya dirampas paksa oleh stigma negatif, bahkan hingga ke ranah batiniah mereka; beragama. Padahal, waria hanyalah manusia biasa, mereka juga memerlukan agama dalam menjalani kehidupan mereka, terlebih saat stigma negatif disematkan kepada mereka. Karena keterbatasan tersebutlah, sebuah pondok pesantren sederhana berusaha mewadahi kebutuhan beragama para waria yang hak-haknya termarjinalisasi oleh status gender mereka sendiri. Ialah Pondok Pesantren Waria al-Fatah yang implementasi PAI serta konsep keberagamaan santrinya menarik untuk diteliti. Berangkat dari hal tersebut, pokok permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana konsep keberagamaan santri waria dan implementasi PAI di pondok tersebut. Sehingga, tujuan pokok penelitian ini adalah; 1) untuk mengetahui konsep keberagamaan santri waria, 2) mengetahui implementasi PAI di Pondok Pesantren Waria al-Fatah, 3) serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian kualitatif ini bersifat deskriptif, dengan subjek penelitiannya adalah pengasuh pondok, para ustadz, dan para santri di Pondok Pesantren Waria al-Fatah Jagalan Banguntapan Bantul Yogyakarta. Lalu, pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) konsep keberagamaan santri waria diungkap dengan xii menggunakan dimensi-dimensi keberagamaan; dimensi kepercayaan tentang santri waria yang percaya sepenuhnya akan kehadiran hal-hal ghaib diluar nalar manusia yang termaktub dalam rukun iman, dimensi pengetahuan tentang pahamnya para waria akan konsep dasar pengetahuan keagamaan, dimensi ritual tentang ritual ibadah keislaman waria, dimensi pengalaman tentang perasaan waria saat melakukan ibadah, dan dimensi konsekuensi tentang adanya perubahan perilaku waria setelah berada di pondok tersebut. 2) Implementasi PAI pada waria meliputi; perencanaan kegiatan (diskusi ustadz dengan pengurus), pelaksanaan kegiatan (rutinan hari Minggu, bulanan, dan tahunan), dan evaluasi kegiatan (secara langsung dan tidak langsung). 3) Faktor pendukung; a. Menjadi satu-satunya pondok pesantren waria, b. Adanya kerjasama dengan berbagai pihak, c. Pengajar yang sukarela mengajar. Faktor penghambat; a. Internal (keterbatasan kemampuan santri waria, sibuk dengan urusan masing-masing, dan usia santri yang sudah tua), b. Eksternal (pandangan negatif masyarakat dan keterbatasan akses ke pondok)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Hj. Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Konsep Keberagamaan, Implementasi PAI, Waria, Pondok Pesantren Waria al-Fatah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Jul 2020 08:18
Last Modified: 22 Jul 2020 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39788

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum