Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Poligami Dalam Membentuk KeluargaSakinah pada Masyarakat Umbulharjo Kota Yogyakarta

Abu Bakar Abak, - and Rofika Duri, - (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Poligami Dalam Membentuk KeluargaSakinah pada Masyarakat Umbulharjo Kota Yogyakarta. Project Report. Fak. Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text (injauan Hukum Islam Terhadap Praktik Poligami Dalam Membentuk KeluargaSakinah pada Masyarakat Umbulharjo Kota Yogyakarta)
TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK POLIGAMI DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH PADA MASYARAKAT KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan Unggah Karya)
surat-surat-pernyataan1597554180.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview

Abstract

Islam adalah agama yang memberikan pedoman hidup sangat lengkap kepada manusia, termasuk pedoman hidup berumah tangga. Diharapkan dengan pedoman berumah tangga manusia dapat membangun keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.Salah satu pemicu terjadinya konflik dalam rumah tangga sehingga berdampak pada sulitnya mewujudkan keluarga sakinah adalah poligami yang tidak sehat. Al-Qur‟an memang membolehkan poligami. Hukum poligami menurut para ulama diperbolehkan dalam keadaan darurat. Kebolehan poligami ini dengan menekankan syarat amat tinggi yaitu mampu berlaku adil. Para imam mazhab yaitu Imam Hanafi, Maliki, Syafi‟i, dan Hanbali membolehkan poligami dengan syarat keadilan.Di Kecamatan Umbulharjo ada dua keluarga yang melakukan praktik poligami. Keluarga pertama adalah keluarga Bapak Djaman, Bapak Djaman melakukan poligami dengan alasan ingin merawat mantan istrinya yang sakit dan atas suruhan dari warga kampung karena berkumpul dalam satu rumah dengan mantan istrinya tanpa ikatan yang sah. Keluarga kedua adalah Bapak Tikno Suparto, Bapak Tikno Suparto melakukan poligami dengan alasan ingin memberikan status yang jelas kepada Ibu Mardiningsih, merbersihkan nama anaknya dan Ibu Mardingsih dari pandangan negatif masyarakat luas. Dari latar belakang dua keluarga praktik poligami, penyusun tertarik meneliti tentang bagaimana praktik poligami yang terjadi di Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik poligami dua keluarga di Kecamatan Umbulharjo.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research)dan penelitian ini bersifat deskriptif analitik. sumber data dari penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif. Pendekatan ini berarti suatu pendekatan untuk menemukan berdasarkan logika keilmuan hukum dari sisi normatifnya.Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan penyusun adalah praktik poligami yang dilakukan pasangan keluarga Bapak D dan Bapak T, sudahsesuai dengan UU No.1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan dan tidak sesuai dengan QS. An-Nisa‟ (4): 3 karena tidak mampu berlaku adil dalam memenuhi segala kebutuhan nafkah istrinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Perkawinan, Poligami, Sakinah
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Poligami
Divisions: Penelitian
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 16 Aug 2020 12:14
Last Modified: 16 Aug 2020 12:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40316

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum