PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP/MTs DENGAN MODEL TREFFINGER UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI POKOK PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI

Rizky Anggit Maya Olief Fatul Kasanah, 15600020 (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP/MTs DENGAN MODEL TREFFINGER UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI POKOK PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP/MTs DENGAN MODEL TREFFINGER UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI POKOK PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI)
15600020_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP/MTs DENGAN MODEL TREFFINGER UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI POKOK PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI)
15600020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Dalam pembelajaran di kelas pendidik menggunakan berbagai alat bantu sebagai penunjang dalam mengajar. Salah satu alat bantu yang digunakan pendidik dalam mengajar adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD matematika dengan model Treffinger yang berkualitas untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VII SMP/MTs pada materi pokok persegi panjang dan persegi. Model pengembangan menggunakan model prosedural, dengan prosedur pengembangan menurut Depdiknas yang diadaptasi dari prosedur pengembangan Borg dan Gall. Langkah-langkah dalam prosedur pengembangan tersebut yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar penilaian LKPD, lembar soal tes, dan lembar skala respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD matematika dengan model Treffinger telah memenuhi kriteria ketercapaian yang meliputi valid, efektif dan praktis. Valid berdasarkan penilaian ahli yang menunjukkan bahwa LKPD matematika dengan model Treffinger termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase keidealan 87,92%. Efektif berdasarkan hasil post-test, LKPD matematika dengan model Treffinger dikatakan efektif karena berhasil memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif pada materi persegi panjang dan persegi. Hal ini dilihat 85,71% dari banyaknya peserta didik yang mengikuti post-test memperoleh nilai besar atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 70. Praktis berdasarkan respon peserta didik terhadap LKPD matematika dengan model Treffinger diperoleh respon positif dengan persentase 80,80%. Jadi LKPD matematika dengan model Treffinger untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif peserta didik layak digunakan dalam pembelajaran matematika kelas VII pada materi pokok persegi panjang dan persegi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Utami Zuliana, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Treffinger, Berpikir Kreatif.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 01 Sep 2020 11:20
Last Modified: 17 Sep 2020 12:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40745

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum