PENGARUH IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGETAHUAN TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN GENERASI X DAN Y DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ANDALAS SUMATERA BARAT

Septevan Nanda Yudisman, 17200010067 (2019) PENGARUH IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGETAHUAN TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN GENERASI X DAN Y DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ANDALAS SUMATERA BARAT. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGETAHUAN TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN GENERASI X DAN Y DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ANDALAS SUMATERA BARAT)
17200010067_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGETAHUAN TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN GENERASI X DAN Y DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ANDALAS SUMATERA BARAT)
17200010067_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Perpustakaan merupakan sebuah organisasi yang memiliki pustakawan yang diorganisir untuk mencapai tujuannya.Organisasi seperti perpustakaan sangat dipengaruhi oleh adanya sumber daya manusia yang terdapat di dalam perpustakaan yaitu pustakawan. Kinerja pustakawan yang sangat penting dalam membantu untuk mencapai tujuan perpustakaan dalam membangun citra positif dihadapan pemustaka. Serta adanya perbedaan generasi antar pustakawan yaitu Perbedaan usia dan generasi antara pustakawan generasi X dan Y Penelitian ini akan membahas tentang pengaruh antara kinerja generasi pustakawan melalui teori generasi X dan Y dengan implementasi manajemen pengetahuan yang diterapkan perpustakaan Universitas Andalas Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kuantitatif dengan pendekatan survey. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pustakawan di Perpustakaan Universitas Andalas Sumatera Barat. Metode pengukuran data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pengukuran menggunakan skala likert dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menerangkan bahwa : (1) Kinerja pustakawan generasi X terbanyak adalah pada interval skor 3,40 sampai dengan 4,19 sebanyak 8 responden atau 47,1% yang artinya variable kinerja pustakawan generasi X (usia 50 tahun ke atast dapat dikategorikan tinggi (2) kinerja pustakawan generasi Y terbanyak adalah pada interval skor 3,40 sampai dengan 4,19 sebanyak 14 responden atau 58,4% yang artinya variable kinerja pustakawan generasi Y (usia 25 tahun ke atas) dapat dikategorikan tinggi (3)kinerja pustakawan generasi X signifikan berpengaruh terhadap implementasi manajemen pengetahuan nilai tersebut menunjukkan. Nilai p value untuk variabel kinerja pustakawan generasi X yaitu 0,000 yang kurang dari 0,05.(4) kinerja pustakawan generasi Y memiliki nilai p value yaitu 0,032 yang kurang dari 0,05. Nilai tersebut menunjukkan bahwa kinerja pustakawan generasi Y signifikan berpengaruh terhadap implementasi manajemen pengetahuan. (5) pengaruh kinerja pustakawan generasi X dan Y terhadap implementasi manajemen pengetahuan dengan nilai R Square sebesar 0,815 besarnya pengaruh variabel kinerja pustakawan generasi X dan Y terhadap variabel implementasi manajemen pengetahuan perpustakaan Universitas Andalas Sumatera Barat adalah sebesar 81,5% sedangkan sisanya sebesar 18,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Tafrikhuddin, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: knowledge management, pustakawan, kinerja, Perpustakaan Universitas Andalas
Subjects: Pustakawan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 03 Sep 2020 12:55
Last Modified: 03 Sep 2020 12:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40815

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum