NILAI-NILAI TASAWUF PANDAWA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU TASAWUF PANDAWA KARYA MUHAMMAD ZAAIRUL HAQ)

Muhammad Wahid Khoiruz Zain, 14410078 (2020) NILAI-NILAI TASAWUF PANDAWA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU TASAWUF PANDAWA KARYA MUHAMMAD ZAAIRUL HAQ). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI TASAWUF PANDAWA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU TASAWUF PANDAWA KARYA MUHAMMAD ZAAIRUL HAQ))
14410078_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI TASAWUF PANDAWA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU TASAWUF PANDAWA KARYA MUHAMMAD ZAAIRUL HAQ))
14410078_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

MUHAMMAD WAHID KHOIRUZ ZAIN. Nilai-Nilai Tasawuf Pandawa dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam (telaah buku Tasawuf Pandawa karya Muhammad Zaairul Haq). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2020. Penelitian ini memiliki latar belakang tentang guru sebagai pegawai dan tidak sebagai tenaga pendidik dan pengajar. Kepentingan mengurus administrasi dan birokrasi di Indonesia, menjadi salah satu faktor menurunnya kualitas guru dalam mendidik peserta didik. Banyaknya kebudayaan yang ada di Indonesia, terutama tentang wayang pada karakter Pandawa yang menjadi salah satu sumber nilai dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang diajarkan oleh para wali sanga. Berdasarkan pandangan tersebut, perlu adanya penelitian bagaimana nilai-nilai tasawuf Pandawa dengan tujuan diimplikasikan guru pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) pendekatan yang digunakan content analysis (kajian isi) menggunakan tekhnik pengumpulan data dengan mencari informasi dari buku-buku tentang wayang dan buku Tasawuf Pandawa sebagai sumber utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap perjalanan hidup dari Pandawa terdapat nilai-nilai tasawuf diantaranya: nilai tasawuf dimensi internal, yang di dalamnya terdapat nilai tentang rela (riḍā), menerima (qanā’ah), bersungguh-sungguh (mujāhadah), sabar (as-ṣabru), berbudi luhur (khuluq al-‘aẓīm), jujur (as-ṣiqdu), kebijaksanaan (al-ḥikmah), menuntut ilmu (mużākarah). Nilai tasawuf dimensi eksternal, yang di dalamnya terdapat nilai tentang keadilan (i’tidāl), memuliakan guru (ta’ẓīm), dan berbakti kepada orang tua (birru al-wālidaīn). Nilai-nilai tersebut sesuai dengan Pendidikan Agama Islam yang diteladankan seorang guru kepada peserta didik agar menjadi pedoman dalam menjalankan kehidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Radino, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Tasawuf, Pandawa, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
TASAWUF
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Jan 2021 11:19
Last Modified: 05 Jan 2021 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41412

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum