RESPON KELUARGA KLIEN EKS PSIKOTIK TERHADAP PELAYANAN DAN REHABILITASI SOSIAL DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA

Risti Widayanti, NIM.: 15250046 (2020) RESPON KELUARGA KLIEN EKS PSIKOTIK TERHADAP PELAYANAN DAN REHABILITASI SOSIAL DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESPON KELUARGA KLIEN EKS PSIKOTIK TERHADAP PELAYANAN DAN REHABILITASI SOSIAL DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA)
15250046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (RESPON KELUARGA KLIEN EKS PSIKOTIK TERHADAP PELAYANAN DAN REHABILITASI SOSIAL DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA)
1AOABG~W.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana respon keluarga klien eks psikotik terhadap pelayanan dan rehabilitasi sosial di Balai RSBKL Yogyakarta. Penelitian ini didasari oleh peran keluarga yang berpengaruh terhadap perkembangan dalam pemulihan klien, sedangkan banyaknya keluarga yang tidak berkomitmen pada proses pemulihan klien tersebut. Meskipun, terdapat keluarga yang berkomitmen pada proses pemulihan klien sesuai dengan kesepakatan awal dengan pihak balai. Tujuan penelitian untuk ini menjelaskan respon keluarga klien eks psikotik dan menjelaskan faktor yang mempengaruhi respon keluarga klien eks Psikotik terhadap pelayanan dan rehabilitasi sosial di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data-data yang didapatkan peneliti dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, menyajikan data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, penulis menggunakan teknik triangulasi, dengan membandingkan/pengecekan keabsahan data yang memanfaatkan hasil wawancara dengan data hasil pengamatan dan data dokumen-dokumen yang berkaitan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa respon keluarga klien berdasarkan dari respon kognitif, respon afektif, dan respon behavioral seperti, mengetahui atau tidak mengetahui, bersikap positif atau negatif, dan kooperatif atau tidak kooperatifnya keluarga. Selain itu, respon dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya adalah cara berfikir keluarga yang egois atau tidak egois, faktor emosional, kekhawatiran keluarga dan kemauan maupun kebiasan. Faktor eksternalnya adalah pendidikan yang rendah, kurangnya pengalaman maupun informasi tentang penanganan ODGJ dan kekhawatiran masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Abidah Muflihati, S.Th.I, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Rehabilitasi Sosial, Pelayanan Sosial, Psikotik
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Apr 2021 13:24
Last Modified: 13 Dec 2022 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42218

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum