PROBLEMATIKA WANITA KARIER DALAM FILM HANUM DAN RANGGA: FAITH AND THE CITY (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Fikriyatul Islami Mujahidah, NIM.: 16210067 (2020) PROBLEMATIKA WANITA KARIER DALAM FILM HANUM DAN RANGGA: FAITH AND THE CITY (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Problematika Wanita Karier dalam Film Hanum dan Rangga: Faith and The City (Analisis Semiotika Roland Barthes))
16210067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Problematika Wanita Karier dalam Film Hanum dan Rangga: Faith and The City (Analisis Semiotika Roland Barthes))
16210067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Berumahtangga sekaligus berkarier sudah menjadi pilihan yang umum bagi wanita jaman sekarang. Sayangnya, kungkungan budaya patriarki seolah tetap tidak bisa lepas. Di mana wanita yang berkarier, masih harus menghadapi berbagai macam problematika. Hal tersebut juga masih terlihat di dalam adegan-adegan dalam film Hanum dan Rangga: Faith and The City. Penelitian ini menganalisis problematika apa saja yang dihadapi wanita karier dengan subjek penelitian film Hanum dan Rangga: Faith and The City. Metode analisis yang digunakan adalah semiotika Roland Barthes dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Menggunakan data berupa adegan-adegan dalam film yang dikategorisasikan sesuai dengan subjek penelitian. Data tersebut dianalisis untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos. Penelitian ini menemukan beberapa problematika yang harus dihadapi wanita dalam mengembangkan karier. Berbagai problem tersebut terdapat dalam total 13 adegan dalam film yang terbagi dalam faktor ekternal dan internal. Faktor ekternal antara lain; konstruk budaya patriarki, peluang kerja, dan kerumahtanggaan. Faktor internal antara lain; pengasuhan anak dan perasaan bimbang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Evi Septiani Tavip Hayati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: semiotika, wanita karir
Subjects: Penyiaran Islam
Gender
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 14 Jun 2021 14:32
Last Modified: 14 Jun 2021 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42283

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum