BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI IBADAH SISWA MENJALANKAN SHALAT FARDHU DI SMP N 2 CAWAS KLATEN JAWA TENGAH

Denis Hartati, NIM.: 16220076 (2020) BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI IBADAH SISWA MENJALANKAN SHALAT FARDHU DI SMP N 2 CAWAS KLATEN JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI IBADAH SISWA MENJALANKAN SHALAT FARDHU DI SMP N 2 CAWAS KLATEN JAWA TENGAH)
16220076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI IBADAH SISWA MENJALANKAN SHALAT FARDHU DI SMP N 2 CAWAS KLATEN JAWA TENGAH)
16220076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Denis Hartati (16220076), Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Motivasi Ibadah Siswa Menjalankan Shalat Fardhu di SMP N 2 Cawas Klaten Jawa Tengah. Skripsi. Program studi Bimbingan Konseling Islam (BKI). Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2020. Penelitian ini dilatarbelakangi, ketidaktahuan dan ketidakpahaman siswa mengenai keagamaan, salah satunya menjalankan shalat fardhu untuk memenuhi kewajiban sebagai umat Islam. Banyak siswa yang meremehkan tidak menjalankan shalat fardhu. Beberapa faktor yang membuat siswa lalai dalam ibadah tersebut, antara lain faktor orang tua, pergaulan dan lingkungan, kondisi zaman sekarang misalnya bermain hp, nonton bioskop, pacaran, hingga muncul rasa malas dan lupa akibat dari kesibukan yang negatif tersebut. Hal ini dapat dicegah dengan menuntun dan memperbaiki perilaku siswa. Untuk itu didikan dan pengawasan guru di sekolah terutama guru BK sangat penting bagi siswa untuk melakukan tindakan yaitu bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi ibadah tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tahap-tahap bimbingan kelompok meningkatkan motivasi ibadah siswa menjalankan shalat fardhu di SMP N 2 Cawas, Klaten, Jawa Tengah. Sedangkan subjek dalam penelitian ini yaitu guru BK, guru agama Islam dan 11 siswa. Objeknya adalah tahap-tahap bimbingan kelompok meningkatkan motivasi ibadah siswa menjalankan shalat fardhu di SMP N 2 Cawas, Klaten, Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data yaitu melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, serta uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahap-tahap bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi ibadah siswa menjalankan shalat fardhu di SMP N 2 Cawas Klaten Jawa Tengah yaitu, tahap pembukaan didahului dengan doa bersama, membangun hubungan yang baik serta perkenalan diri. Tahap peralihan berisi penjelasan guru BK mengenai bimbingan kelompok serta ice breaking. Tahap kegiatan meliputi sesi produktif siswa, konfrontasi, serta upaya meningkatkan dan pencegahan. Dan tahap penutup meliputi ringkasan guru BK mengenai kegiatan bimbingan kelompok, ice breaking serta doa penutup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abdullah, M.Si
Uncontrolled Keywords: motivasi, kepatuhan beragama
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 15 Jun 2021 13:53
Last Modified: 15 Jun 2021 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42295

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum