EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN METODE TALKING STICK BERBASIS ONLINE DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA

Suci Mu’izz Marsila, NIM.: 16600005 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN METODE TALKING STICK BERBASIS ONLINE DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN METODE TALKING STICK BERBASIS ONLINE DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA)
16600005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN METODE TALKING STICK BERBASIS ONLINE DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA)
16600005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Treffinger dengan metode Talking Stick berbasis online daripada model pembelajaran online konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kedua, untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Treffinger dengan metode Talking Stick berbasis online daripada model pembelajaran online konvensional terhadap disposisi matematis siswa. Berdasarkan upaya pencegahan penularan COVID-19, maka penelitian dilakukan secara online. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Treffinger dengan metode Talking Stick berbasis online serta variabel terikat yaitu kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Kelas VII D dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran Treffinger dengan metode Talking Stick berbasis online. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan komunikasi matematis, prescale-postscale disposisi matematis, RPP, dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan uji-t dan uji Mann Whitney. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Treffinger dengan metode Talking Stick berbasis online lebih efektif daripada model pembelajaran online konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Di sisi lain, hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran online konvensional lebih efektif daripada model pembelajaran Treffinger dengan metode Talking Stick berbasis online terhadap disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Treffinger, Talking Stick, Kemampuan Komunikasi Matematis, Disposisi Matematis, Pembelajaran Online
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 24 Jun 2021 16:35
Last Modified: 24 Jun 2021 16:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42567

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum