Dian Arvi Yunindha, NIM.: 14410045 (2020) PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI METODE SOROGAN BAGI ORANGTUA DI PONDOK SEPUH PAYAMAN, MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI METODE SOROGAN BAGI ORANGTUA DI PONDOK SEPUH PAYAMAN, MAGELANG)
14410045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (9MB) | Preview |
|
Text (PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI METODE SOROGAN BAGI ORANGTUA DI PONDOK SEPUH PAYAMAN, MAGELANG)
14410045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya kualitas pemahaman orang tua dalam hal membaca Al-Qur’an sehingga menyebabkan beberapa diantaranya tidak bersemangat dalam menjalani sisa hidupnya dan Pondok Sepuh Payaman, Magelang ini merupakan wadah bagi para orangtua untuk melakukan kegiatan kegamaan khususnya membaca Al-Qur’an. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan dan hasil dari metode sorogan dalam memperlancar pembelajaran Al-Qur’an bagi Orangtua. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan penerapan metode sorogan dalam pembelajaran Al-Qur’an dan hasil dari penerapan metode sorogan dalam memperlancar pembelajaran Al-Qur’an bagi orangtua. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di Pondok Sepuh Payaman Magelang dengan menggunakan metode penelitian wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran AlQur’an dengan menggunakan metode sorogan di Pondok Sepuh Payaman melibatkan beberapa komponen: tujuan, materi, peserta didik, guru, metode dan evaluasi pembelajaran Al-Qur’an. (2) penerapan metode sorogan dilakukan menggunakan dua cara yakni mentorship dan tutor sebaya. (3) hasil dari penerapan metode sorogan dalam memperlancar pembelajaran Al-Qur’an bagi orangtua di Pondok Sepuh Payaman yaitu telah mencapai 96,43% dari 28 santri dengan khatam iqra’ sebagai tolak ukurnya. Akan tetapi jika dilihat dari tingginya tingkatan yang dilalui hingga sampai pada tahap tafsir al-Ibriz maka santri telah mencapai 60,7% dari 28 santri. Dan jika tolak ukur yang dipakan dengan mencocokkan tujuan pembelajaran Al-Qur’an maka presentase keberhasilannya sebesar 100% dari 28 santri dan 80% dari 60 santri. Dengan demikian, metode sorogan telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan serta meningkatkan semangat santri dalam membaca Al-Qur’an. Peningkatan dapat terjamin karena setiap santri mengikuti pembelajaran Al-Qur’an secara intensif dan sesuai dengan kemampuannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Munawwar Khalil, S.S., M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Al-Qur'an, Metode Sorogan |
Subjects: | Ulum al Qur'an > Ilmu Tajwid Pendidikan Islam (Pesantren) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Heru Pasuko Rini |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 12:56 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 12:56 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42596 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |