PROGRAM LITERASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VIII D SMP NEGERI 2 PIYUNGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Sessy Maryanti, NIM.: 14410193 (2020) PROGRAM LITERASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VIII D SMP NEGERI 2 PIYUNGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM LITERASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VIII D SMP NEGERI 2 PIYUNGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020)
14410193_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM LITERASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VIII D SMP NEGERI 2 PIYUNGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020)
14410193_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kebijakan Kemendikbud tentang Gerakan Literasi Sekolah bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik sehingga dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran. Menurut hasil observasi peneliti, SMP Negeri 2 Piyungan menerapkan program literasi yang dilakukan di kelas pada pagi hari. Dengan adanya program literasi ini diharapkan dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran khususnya mata pelajaran agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses program literasi peserta didik kelas VIII D di SMP Negeri 2 Piyungan. 2) Mengetahui pelaksanaan program literasi dalam meningkatan mutu proses pembelajaran PAI peserta didik kelas VIII D di SMP Negeri 2 Piyungan. 3) Mengetahui faktor penunjang keberhasilan literasi dan hasil yang dicapai setelah berliterasi pada peserta didik kelas VIII D di SMP Negeri 2 Piyungan. Metode yang digunakan peneliti adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Piyungan. Penelitian ini dilaksanakan bulan Februari 2020. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru PAI, Petugas Perpustakaan, dan Peserta Didik. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program literasi di kelas VIII D SMP Negeri 2 Piyungan masih dalam tahap pembiasaan. Proses pelaksanaannya pada hari selasa hingga kamis. Dimulai dengan literasi Al-Qur’ān pada pukul 7.00-7.15 WIB yang dipandu oleh guru melalui speaker. Kemudian membaca buku agama pada pukul 07.15-07.30 WIB secara mandiri. Dan diakhiri dengan peserta didik mengumpulkan hasil rangkuman bacaan. 2) Program literasi di kelas VIII D SMP Negeri 2 Piyungan terbukti mampu meningkatkan mutu proses pembelajaran PAI. Hal ini berdasarkan pada peserta didik yang terlihat semangat dan antusias mengikuti program literasi. Selain itu juga nilai rata-rata mata pelajaran PAI juga meningkat. 3) Faktor penunjang keberhasilan literasi adalah sebagai berikut: a) Kedisiplinan dan keteladanan guru. b) Adanya fasilitas yang mendukung untuk proses pembelajaran PAI. c) Adanya kegiatan literasi AlQur’ān dan kegiatan agama yang lainnya. Adapun hasil yang dicapai setelah berliterasi adalah sebagai berikut: a) peserta didik lebih mudah memahami saat proses pembelajaran berlangsung. b) peserta didik lebih kooperatif. c) nilai peserta didik meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Program Literasi, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 29 Jun 2021 15:26
Last Modified: 29 Jun 2021 15:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42600

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum