ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR SISWA

Ika Nurvitasari, NIM.: 16600061 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR SISWA)
16600061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR SISWA)
16600061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X MAN 3 Bantul Yogyakarta pada subbab perbandingan trigonometri segitiga siku-siku ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Prosedur penelitian kualitatif ini meliputi: 1) tahap pra lapangan berupa melakukan wawancara dengan guru matematika dan menyusun instrumen penelitian; 2) tahap penelitian meliputi pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematika, angket karakteristik cara berpikir siswa dan wawancara; 3) tahap analisis data, yaitu mengolah data yang didapat dari lapangan sehingga peneliti dapat menjawab rumusan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 3 Bantul Yogyakarta pada kelas X Agama 1 dan X Agama 2. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah peneliti sebagai instrumen utama yang dibantu oleh tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, angket karakteristik cara berpikir siswa, dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada karakteristik siswa dari masing-masing karakteristik cara berpikir siswa dalam memecahkan masalah. Siswa Sekuensial Konkret (SK) dalam memecahkan masalah mampu memahami soal dan bertumpu pada gambar ketika menentukan strategi serta mempertimbangkan pemilihan strategi yang digunakan untuk menyelesaikan soal. Siswa Sekuensial Abstrak (SA) dalam memecahkan masalah siswa tidak membuat gambar ilustrasi akan tetapi dapat membuat rencana penyelesaian dengan cara memilih dua alternatif penyelesaian. Siswa Acak Abstrak (AA) dalam memecahkan masalah, siswa membuat strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah kemudian melaksanakan sehingga menghasilkan jawaban yang benar. Siswa Acak Konkret (AK) dalam memecahkan masalah siswa bertumpu pada gambar ketika menentukan rencana yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Siswa mengerjakan soal yang mudah dulu, siswa mampu membuat rencana penyelesaian akan tetapi kurang teliti dalam melaksanakan perhitungan. Siswa Campuran dalam memecahkan masalah siswa membuat gambar ilustrasi untuk memudahkan menentukan rencana yang tepat. Siswa mampu mengerjakan soal sesuai rencana yang telah dibuat dengan runtut sehingga menghasilkan jawaban yang benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Raekha Azka, M.Pd
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah, karakteristik cara berpikir
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 30 Jun 2021 06:20
Last Modified: 30 Jun 2021 06:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42607

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum