MANAJEMEN REKRUTMEN MAHASISWA BARU DALAM MENJAGA BUDAYA ORGANISASI IKATAN KELUARGA ALUMNI RAUDHATUL ULUM SAKATIGA (IKARUS) DI YOGYAKARTA

Khanif Miftahudin, NIM.: 15490039 (2020) MANAJEMEN REKRUTMEN MAHASISWA BARU DALAM MENJAGA BUDAYA ORGANISASI IKATAN KELUARGA ALUMNI RAUDHATUL ULUM SAKATIGA (IKARUS) DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN REKRUTMEN MAHASISWA BARU DALAM MENJAGA BUDAYA ORGANISASI IKATAN KELUARGA ALUMNI RAUDHATUL ULUM SAKATIGA (IKARUS) DI YOGYAKARTA)
15490039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN REKRUTMEN MAHASISWA BARU DALAM MENJAGA BUDAYA ORGANISASI IKATAN KELUARGA ALUMNI RAUDHATUL ULUM SAKATIGA (IKARUS) DI YOGYAKARTA)
15490039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sangat penting bagi sebuah organisasi untuk memiliki sumber daya manusia yang berkualitas untuk menjalankan visi dan misi yang telah dibuat oleh organisasi guna mewujudkan tujuan dari organisasi. Salah satu cara dalam mencari sumber daya manusia yang berkualitas yaitu melalui rekrutmen. Rekrutmen ini merupakan proses mencari, menemukan, dan menarik para pelamar untuk dipekerjakan dalam suatu organisasi atau perusahaan. IKARUS adalah sebuah wadah organisasi yang menaungi mahasiswa alumni Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga yang ada di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Rekrutmen Mahasiswa Baru Dalam Menjaga Budaya Organisasi Ikatan Keluarga Alumni Raudhatul Ulum Sakatiga IKARUS di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang IKARUS di Yogyakarta. Subjeck penelitian ini adalah ketua ikarus di Yogyakarta, ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru IKARUS, pengurus bagian Hubungan Masyarakat, pengurus bagian Pengembangan Intelektual Anggota, pengurus bagian Dakwah dan Masyarakat, dan warga IKARUS di Yogyakarta, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data dengan cara mereduksi data sumber display data dan menarik kesimpulan.uji keabsahan data dengan cara triangulasi sumber dan teknik yang dikombinasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Rekrutmen mahasiswa IKARUS di Yogyakarta dimulai dengan sosialisasi ke santri-santri di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga, melakukan bimbingan tes sebelum ujian, dan terakhir malam keakraban (MAKRAB) untuk proses pengenalan mahasiswa baru dengan pengurus dan warga IKARUS di Yogyakarta. Budaya organisasi yang ada di IKARUS sendiri banyak program sesuai dengan divisi-divisi kepengurusan IKARUS, PMDB (pengembangan minat dan bakat) ada futsal bola kaki dan lain- lain, WAMAS (dakwah dan masyarakat) ada yasinan dan tahlilan, PIA (pengembangan intelektual anggota) ada diskusi bulanan, DANUS(dana dan usaha) ada penarikan uang bulanan anggota. Dan disetiap akhir bulan pengurus melakukan evaluasi program kerja agar program berjalan sesui target yang dicapai organisasi tersebut.Hasil penelitian dari manajemen rekrutmen mahasiswa dalam menjaga budaya organisasi IKARUS di Yogyakarta dapat disimpulkan bahwa, dengan adanya manajemen yang baik, agenda yang sudah direncanakan panitia berjalan dengan cukup baik. Dengan jumlah mahasiswa baru yang diterima ada 14 orang dan tersebar dibeberapa Universitas yang ada di Yogyakarta. Kemudian setelah mahasiswa baru sudah sah menjadi anggota warga IKARUS maka mereka akan mengikuti agendaagenda di kepengurusan IKARUS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Mangun Budiyanto, M.SI
Uncontrolled Keywords: Manajemen organisasi, Budaya organisasi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Organisasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 01 Jul 2021 12:04
Last Modified: 01 Jul 2021 13:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42632

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum