PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI MAKROMOLEKUL SMA/MA

Hanifah Octa Viani, NIM.: 16670036 (2020) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI MAKROMOLEKUL SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI MAKROMOLEKUL SMA/MA)
16670036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI MAKROMOLEKUL SMA/MA)
16670036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kompetensi abad 21 menuntut keterampilan 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Collaboration, dan Creativity and Inovation) peserta didik untuk mampu berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan masalah. Kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan proses berpikir untuk mengarahkan peserta didik dalam menguasai dan memahami pembelajaran dengan level kognitif lebih tinggi. Berdasarkan peringkat Indeks Pengembangan Manusia (Human Development Index) dalam komposisi pencapaian pendidikan, Indonesia menduduki peringkat 162 dari 188 negara. Peringkat tersebut menunjukkan bahwa kemampuan HOTS peserta didik di Indonesia masih sangat rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul kimia bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi makromolekul berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru kimia, dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate), namun dibatasi sampai tahap develop saja. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, empat guru kimia, dan direspon oleh sepuluh peserta didik kelas XII MIPA. Penilaian kualitas dilakukan dengan metode expert judgment yaitu produk dinilai oleh ahli sesuai bidangnya. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk pengembangan yang telah divalidasi merupakan media cetak berukuran B5 berisi materi makromolekul yang memuat soal-soal berkarakteristik HOTS dan disertai pembahasan pada setiap soalnya. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi memperoleh persentase 96,0% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media memperoleh persentase 90,9% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian oleh guru kimia SMA/MA memperoleh persentase 85,0% dengan kategori Sangat Baik (SB). Produk pengembangan ini direspon positif oleh peserta didik kelas XII MIPA dengan persentase sebesar 95,0%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Agus Kamaludin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kimia, Soal kimia, Molekuler
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 07 Jul 2021 17:21
Last Modified: 07 Jul 2021 17:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42702

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum