TAHAPAN PENGEMBANGAN KOLEKSI DISABILITAS DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

Riazmi Yusma Sari, - and Anis Masruri, - (2020) TAHAPAN PENGEMBANGAN KOLEKSI DISABILITAS DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Jurnal Pustaka Ilmiah,, 6 (2). pp. 1045-1055. ISSN ISSN 2477-2070 (Print); ISSN 2685-8363 (Online)

[img]
Preview
Text (TAHAPAN PENGEMBANGAN KOLEKSI DISABILITAS DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
TAHAPAN PENGEMBANGAN KOLEKSI DISABILITAS DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1626183839.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview

Abstract

Proses inti dari kegiatan pada sebuah perpustakaan adalah mengembangkan koleksi�koleksi demi kemajuan sumber pengetahuan. Pengembangan koleksi pada penelitian ini yaitu pada perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan pengembangan koleksi pada perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan objeknya yaitu mahasiswa disabilitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan wawancara. Observasi dilakukan dengan cara terjun langsung kelapangan untuk menggali informasi terkait dengan tahapan pengembangan koleksi, dan wawancara dilakukan dengan ibu Dra. Ida Nor’aini Hadna, M.Pd (Kobid Layanan Teknis) dan Isrowiyanti (Kour Informasi). Berdasarkan penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa tahapan pengembangan koleksi yang ditawarkan oleh Evans dengan 6 komponen kegiatan yang terdiri dari Analisis masyarakat dalam hal ini masyarakat pengguna, kebijakan seleksi, seleksi, pengadaan, penyiangan, dan evaluasi. Teori ini diterapkan di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Mahasiswa yang normal dan penyandang disabilitas di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memiliki kebutuhan pengetahuan yang sama, dikelompokkan dalam kelas yang sama. Namun dalam hal ini yang membedakannya adalah cara mengakses yang dilakukan oleh mahasiswa disabilitas dengan penambahan bantuan yaitu melalui media audio dan visual dan lainnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pengembangan Koleksi, Disabilitas.
Subjects: DISABILITAS
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 13 Jul 2021 20:57
Last Modified: 13 Jul 2021 20:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42793

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum