STRATEGI PENGEMBANGAN DESA PASCA BENCANA MENJADI DESA WISATA : STUDI DI SUMBERHARJO, PRAMBANAN, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Muhammad Nur Hakim, NIM. 14230062 (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN DESA PASCA BENCANA MENJADI DESA WISATA : STUDI DI SUMBERHARJO, PRAMBANAN, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN DESA PASCA BENCANA MENJADI DESA WISATA : STUDI DI SUMBERHARJO, PRAMBANAN, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
14230062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN DESA PASCA BENCANA MENJADI DESA WISATA : STUDI DI SUMBERHARJO, PRAMBANAN, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
14230062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan Negara yang tidak lepas dari bencana, dari isini penelitian strategi pengembangan desa pasca bencana menjadi desa wisata, setudi wisata rumah dome di Desa Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta menjadi menarik untuk di dalami.Fokus dari penelitian ini ada pada strategi pengembangan dan model pengelolaan pariwisata yang diterapkan, serta dampak dari pariwisata yang dirasakan. Metode yang dipakai didalam penelitian ini mengunakan diskriptif kualitatif. Teknik penarikan informasi menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data menggunkan observasi, wawancara, dokumentasi.Untuk validasi data mengunakan trianggulasi sumber. Proses dimulai dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa strategi pengembangan desa wisata rumah dome dapat dicapai melaluianalis SWOT. Dua faktor yang menjadi acuan yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Ada lima bentuk strategi pengembangan dalam peneltian ini.sedangkanModel pariwisata yang diterapkan dalam penelitan ini lebih ke pengelolaan masyarakat lokal sesuai dengan teori CBT (Community Based Tourism)serta merujuk pada peraturan dinas pariwisata daerah istimewa Yogyakarta. Dampak positif terjadi dalam segi ekonomi masyarakat sekitar lewat tambahan penghasilan. Meski demikian dampak negatif juga terjadi dalam segi sosial budaya lewat intraksi yang sering terjadi kepada wisatawan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sriharini, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Desa pasca bencana, Desa Wisata, Wisata Rumah Dome
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Jul 2021 10:20
Last Modified: 14 Jul 2021 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42800

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum