FENOMENA ROKOK ELEKTRIK DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)

M. Ahda Minka. R, NIM.: 13720048 (2020) FENOMENA ROKOK ELEKTRIK DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FENOMENA ROKOK ELEKTRIK DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta))
13720048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FENOMENA ROKOK ELEKTRIK DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta))
13720048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di era yang modern dan serba teknologi seperti sekarang, seseorang ingin mengekspresikan diri dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah penggunaan rokok elektrik dengan tujuan untuk memperlihatkan gaya hidup seseorang. Kebanyakan pengguna rokok elektrik adalah anak muda/berstatus mahasiswa, namun penggunaan barang tersebut mereka lakukan semata untuk menujukkan citra tertentu. Mereka mempunyai pandangan kelas atas dengan menggunakan barang tersebut, itulah mengapa hal seperti ini menjadikan seseorang menjadi konsumtif. Perilaku konsumtif inilah yang menjadi keresahan untuk melakukan penelitian terhadap mahasiswa yang berperilaku konsumtif, mementingkan keinginan hasrat sesaat dibandingan kebutuhan. Teori yang dipakai dalam penulisan adalah teori masyarakat konsumeris, teori tersebut menjelaskan bagaimana seseorang bisa berperilaku konsumtif karena didesak oleh perkembangan zaman yang semakin maju. Pembahasan dalam penelitian ini menggunakan teknik deskripsi kualitatif dengan menggunakan metode wawancara terbuka dan mengacu pada gaya hidup dan perilaku konsumtif mahasiswa terkait penggunaan rokok elektrik. Dalam penelitian ini menggunakan informan sebanyak 20 orang. Setelah mendapatkan data dalam penelitian ini maka dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah para mahasiswa ingin menunjukkan citra/simbol dari sebuah rokok elektrik yang mereka gunakan. Pandangan mengenai penggunaan rokok elektrik ditemukan di lapangan antara lain adalah, konsep mengenai maskulin, sebagai penunjuk identitas sosial seseorang, menjadi pribadi yang boros/hedon, dan juga mempunyai rasa gengsi yang tinggi. Penemuan di lapangan juga mengungkapkan faktor dan motif para mahasiswa menggunakan rokok elektrik. Faktor dalam penemuan lapangan dibagi menjadi 2 yaitu, faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi, rasa penasaran mahasiswa mengenai rokok elektrik dan ingin mengikuti tren yang sedang viral dan banyak diperbincangkan. Faktor eksternal meliputi pengaruh lingkungan/teman dan pengaruh iklan di media sosial. Penemuan di lapangan terkait dengan motif para mahasiswa menggunakan rokok elektrik, untuk prestise/kebanggan dan menumbuhkan rasa percaya diri ketika berada di kahalayak ramai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Yayan Suryana,S.Ag.,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Gaya hidup; budaya konsumtif; rokok elektrik
Subjects: Gaya Hidup
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Jul 2021 19:10
Last Modified: 14 Jul 2021 19:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42825

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum