PENGARUH PAGUYUBAN LANSIA MINAMAKARTI TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL ANGGOTANYA DI PERUMAHAN MINOMARTANI RW 04, MINOMARTANI, NGANGGLIK, KABUPATEN SLEMAN, DI YOGYAKARTA

Rahayu Saputri, NIM : 15250091 (2020) PENGARUH PAGUYUBAN LANSIA MINAMAKARTI TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL ANGGOTANYA DI PERUMAHAN MINOMARTANI RW 04, MINOMARTANI, NGANGGLIK, KABUPATEN SLEMAN, DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PAGUYUBAN LANSIA MINAMAKARTI TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL ANGGOTANYA DI PERUMAHAN MINOMARTANI RW 04, MINOMARTANI, NGANGGLIK, KABUPATEN SLEMAN, DI YOGYAKARTA)
15250091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PAGUYUBAN LANSIA MINAMAKARTI TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL ANGGOTANYA DI PERUMAHAN MINOMARTANI RW 04, MINOMARTANI, NGANGGLIK, KABUPATEN SLEMAN, DI YOGYAKARTA)
15250091_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Paguyuban Lansia Minamakarti merupakan paguyuban yang terletak di Perumahan Minomartani Jl. Kakap Raya, RW 04, Minomartani, Ngaglik, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Paguyuban Lansia Minamakarti memberikan peran penting kepada lansia khususnya RW 04 di Perumahan Minomartani. Skripsi ini berjudul “Pengaruh Paguyuban Lansia Minamakarti terhadap Kesejahteraan Sosial Anggotannya di Perumahan Minomartani RW 04, Minomartani, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta” ketertarikan penulis terhadap skripsi mengenai lansia karena paguyuban mengenai lansia di Yogyakarta masih minim sehingga Paguyuban Lansia Minamakarti perlu untuk diteliti dan diapresiasi keberadaannya. Fokus penelitian adalah mengenai Kesejahteraan Sosial Lansia. Hal ini dilihat dari ada tidaknya Pengaruh Paguyuban Lansia Minamakarti terhadap Kesejahteraan Sosial Anggotanya. Dengan mengetahui manfaat atau pengaruh yang lansia rasakan melalui program-program yang ada dalam paguyuban, peneliti dapat melihat sejauh mana Paguyuban Lansia Minamakarti berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan lansia yang kemudian diketahui sudah sepenuhnya berpengaruh atau belum terhadap upaya mencapai kesejahteraan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Peneliti memperoleh data dari pengurus serta anggota Paguyuban Lansia Minamakarti. Subjek penelitian terdiri tujuh narasumber. Teknik Validasi Data menggunakan Triangulasi Sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga syarat utama kesejahteraan yaitu ketika masalah sosial dapat dimenej dengan baik, ketika kebutuhan terpenuhi dan ketika peluang-peluang sosial terbuka secara maksimal, Paguyuban Lansia Minamakarti belum memenuhi syarat tersebut seperti kebutuhan spiritual dan peluang-peluang sosial belum terbuka secara maksimal. Hal ini menyebabkan “sosial illfare” sehingga adanya Paguyuban Lansia Minamakarti belum sepenuhnya berpengaruh terhadap Kesejahteraan Sosial anggotanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Zainudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Lanjut Usia, Paguyuban Lansia dan Kesejahteraan Sosial
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Jul 2021 09:47
Last Modified: 16 Jul 2021 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42855

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum