PEMBACAAN SURAT-SURAT MUNJIYAT (Studi Mujahadah Sabtu Legi di Pondok Pesantren Al-Qur’aniyy Mangkuyudan Solo)

Fadlil Ahmad Ismail, NIM.: 15530038 (2020) PEMBACAAN SURAT-SURAT MUNJIYAT (Studi Mujahadah Sabtu Legi di Pondok Pesantren Al-Qur’aniyy Mangkuyudan Solo). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBACAAN SURAT-SURAT MUNJIYAT (Studi Mujahadah Sabtu Legi di Pondok Pesantren Al-Qur’aniyy Mangkuyudan Solo))
15530038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBACAAN SURAT-SURAT MUNJIYAT (Studi Mujahadah Sabtu Legi di Pondok Pesantren Al-Qur’aniyy Mangkuyudan Solo))
15530038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy

Abstract

Pengalaman umat Islam berinteraksi dengan alQur’an dapat terungkap melalui lisan, tulisan, maupun perbuatan, baik berupa pemikiran atau pengalaman emosional maupun spiritual. Dalam kehidupan sehari-hari, interaksi umat Islam yang paling sering dijumpai yaitu membaca al-Qur’an. Selain itu, masih banyak lagi praktik yang dilakukan masyrakat yang merupakan hasil dari bentuk respon masyarakat terhadap al-Qur’an. Penelitian ini membahas tentang praktik pembacaan surat-surat munjiya>t mujahadah Sabtu Legi di Pondok Pesantren Al-Qur’aniyy, Mangkuyudan, Solo. Pembacaan surat-surat munjiya>t mujahadah ini merupakan salah satu bentuk riya>d}}oh santri Pondok Pesantren Al-Qur’aniyy yang berbasis tahfidz. Munjiya>t secara bahasa adalah penyelamat. Dalam pembahasan ini, munjiya>t diambil dari kata munjiya>t -an (diberi imbuhan an) berarti amalan membaca tujuh surat al-Qur’an yang dianggap memiliki fad}i>lah penyelamat. Para santri Pondok Pesantren AlQur’aniyy mengartikan munjiya>t-an adalah suatu riya>d}oh pembacaan tujuh surat penting sebelum menghafalkan alQur’an, supaya ketika menghafalkan diberi kelancaran kemudahan dalam segala hal dan mendapat keselamatan dari siksa kubur. Fokus pembahasan dari penelitian ini adalah bagaimana prosesi pembacaan surat-surat munjiya>t mujahadah Sabtu Legi, bagaimana pemaknaan pembacaan surat-surat munjiya>t mujahadah Sabtu Legi ini, dan bagaimana representasi teori Karl Mannheim dalam pembacaan surat-surat munjiya>t mujahadah Sabtu Legi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Muhammad Mansur, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Surat-Surat Munjiyat, Mujahadah Sabtu Legi, Pondok Pesantren Al-Qur’aniyy
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2021 12:25
Last Modified: 22 Jul 2021 12:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43003

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum