KONTRIBUSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA SMA N 1 GODEAN

Laila Safitri, NIM.: 16410064 (2020) KONTRIBUSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA SMA N 1 GODEAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA SMA N 1 GODEAN)
16410064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA SMA N 1 GODEAN)
16410064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kalijaga, 2020. Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan ekologi yang banyak disebabkan oleh perilaku manusia. Perilaku manusia yang seringkali mengeksploitasi alam secara besar-besaran demi kepentingan pribadi berdampak pada kerusakan lingkungan. Upaya pencegahan melalui penanaman karakter peduli lingkungan perlu dilakukan sedini mungkin untuk meminimalisir dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan. Berkaitan dengan karakter peduli lingkungan, peran guru sangat diperlukan untuk menanamkan karakter peduli lingkungan kepada peserta didik di sekolah. Guru sebagai pendidik memiliki tanggung jawab besar dalam menghasilkan generasi yang berkarakter dan berwawasan lingkungan. Salah satu guru yang memiliki tanggungjawab dan tugas yang penting dalam hal pendidikan karakter siswa adalah guru PAI. Melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berbasis pendidikan karakter peduli lingkungan, diharapkan guru mampu menumbuhkan rasa cinta lingkungan pada peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research dengan menggunakan pendekatan sosiologi pendidikan. Subyek penelitian ini antara lain ketua dan salah satu perwakilan tim Adiwiyata, dua orang guru PAI, siswa kelas X yang berjumlah 8 orang dan XI berjumlah dua orang, serta koordinator sie lingkungan hidup Rohis. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain peneliti, pedoman wawancara, alat tulis, alat rekam dan dokumen yang dibutuhkan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan di SMA N 1 Godean dapat dilihat dari penerapan strategi yang disesuaikan dengan program sekolah, antara lain: (a) Pembentukan karakter peduli lingkungan dalam kegiatan belajar mengajar, seperti pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup dengan mata pelajaran tertentu, (b) Pembentukan karakter peduli lingkungan dalam budaya sekolah, seperti Jum‟at bersih, Jum‟at sehat, kebersihan kelas, aksi peduli lingkungan, pengelolaan sampah dan bank sampah, tamanisasi, dan kantin sehat, (c) Pembentukan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan keorganisasian, seperti OSIS dan Rohis, (d) Penguatan karakter peduli lingkungan di rumah dengan penerapan kebiasaan peserta didik, 2) Peran guru PAI di SMA N 1 Godean meliputi peran guru sebagai pengajar dan pembimbing, peran guru sebagai model, peran guru sebagai pengawas, peran guru sebagai motivator, dan peran guru sebagai penggerak dan penanggungjawab kegiatan yang berkaitan dengan program adiwiyata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Munawwar Khalil, S.S., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pendidikan Agma Islam, Karakteri Peduli Lingkungan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 12:36
Last Modified: 26 Jul 2021 12:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43017

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum