PERAN PROGRAM KEGIATAN ORGANISASI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH (IPM) DALAM PELAKSANAAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI PPM MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA

Kristiawan, NIM.: 16410089 (2020) PERAN PROGRAM KEGIATAN ORGANISASI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH (IPM) DALAM PELAKSANAAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI PPM MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PROGRAM KEGIATAN ORGANISASI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH (IPM) DALAM PELAKSANAAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI PPM MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA)
16410089_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PERAN PROGRAM KEGIATAN ORGANISASI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH (IPM) DALAM PELAKSANAAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI PPM MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA)
16410089_BAB-II_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah upaya penanaman dan pembinaan karakter sejak dini yang dilakukan secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi, dan masyarakat, sampai saat ini, hasilnya masih belum maksimal. Kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, pelatihan-pelatihan tentang kecakapan dan keterampilan hidup (life skill), dan wawasan global di Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta dilaksanakan dengan berbasis pada organisasi otonom Muhammadiyah. Oleh sebab itu, sebagai organisasi kepesertadidikan utama, IPM di Muhammadiyah Boarding School memiliki peran penting dalam membentuk dan membina karakter peserta didik yang dapat diwujudkan dalam bentuk programprogram kegiatan. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk meneliti peran program kegiatan organisasi IPM dalam pelaksanaan PPK di Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan latar PPM Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan dua metode yaitu analisis deskriptif kualitatif dan ananlisis isi. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Semua bidang IPM memiliki peran penting dalam pelaksanaan PPK, namun ada empat bidang yang memiliki program kerja paling kelihatan dalam pelaksanaan PPK yaitu Bidang Kajian Dakwah Islam, Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan, Bidang Perkaderan dan Bidang Keamanan. (2) a. Bidang KDI memiliki peran di antaranya menanamkan dan membina karakter ibadah, serta mencetak santri yang beraqidah kuat, dan taat mejalankan ajaran agama Islam sesuai tuntunan Assunah, b. Bidang PIP memiliki peran menanamkan dan membina karakter semangat menuntut ilmu, serta mencetak santri sebagai manusia yang unggul dalam bidang akademik, tanpa mengesampingkan nilai-nilai religiusitas. c. Bidang PKD memiliki peran menanamkan dan membina karakter disiplin, serta mencetak santri menjadi manusia tangguh dan kuat jiwa dan raga, serta pikiran untuk mengahadapi tantangan zaman yang semakin global. d. Bidang Keamanan memiliki peran menanamkan dan membina karakter disiplin, serta mencetak santri sebagai pribadi berkarakter dan menerapkan norma-norma dalam segala tindak tanduk, pergaulan dan bermasyarakat. (3) a. Faktor Pendukung meliputi, dukungan pesantren terhadap semua program kegiatan IPM, totalitas Pembina dalam mengawal setiap kegiatan, dan sikap santri yang senantiasa kooperatif, b. Faktor Penghambat meliputi hal-hal bersifat teknis yaitu terbatasnya akses komunikasi dan transportasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Ekstrakurikuler, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Penguatan Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Islam dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 12:56
Last Modified: 26 Jul 2021 12:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43071

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum