IMPLIKASI RELIGIOUS VALUES PADA SOCIAL ENTERPRENUERSHIP TERHADAP PERILAKU MANAJERIAL DI PERUSAHAAN AYAM GEPREK DAN SUSU (PREKSU) YOGYAKARTA

Muhammad Sahrul Khirom, NIM.: 16540030 (2020) IMPLIKASI RELIGIOUS VALUES PADA SOCIAL ENTERPRENUERSHIP TERHADAP PERILAKU MANAJERIAL DI PERUSAHAAN AYAM GEPREK DAN SUSU (PREKSU) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI RELIGIOUS VALUES PADA SOCIAL ENTERPRENUERSHIP TERHADAP PERILAKU MANAJERIAL DI PERUSAHAAN AYAM GEPREK DAN SUSU (PREKSU) YOGYAKARTA)
16540030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI RELIGIOUS VALUES PADA SOCIAL ENTERPRENUERSHIP TERHADAP PERILAKU MANAJERIAL DI PERUSAHAAN AYAM GEPREK DAN SUSU (PREKSU) YOGYAKARTA)
16540030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Wirausaha atau bisnis pada umunya dilakukan untuk merauk keuntungan sebesar-besarnya. Berlomba-lomba mendapat laba yang tinggi, bukan menyelesaikan permasalahan, namun memunculkan masalah-masalah baru. Kompetisi diantara para pengusaha dalam mengembangkan bisnis nyatanya sudah melampaui batas kewajaran. Segala cara dilakukan untuk menguasai arena kompetisi. Dimensi moral dan spiritual rasanya tidak lagi menjadi ruang pengendali tindakan-tindakan para pengusaha. Social enterprenuership hadir sebagai upaya penyelesaian masalah sosial melalui kegiatan wiarausaha. Orientasi utama social enterprenuership adalah pada misi sosial, tidak lagi berorientasi pada profit. Hal ini menarik minat peneliti untuk mengupas lebih dalam mengenai penerapan social enterprenuership. Sistem ini menjadi trobosan baru dalam dunia ekonomi. Kegiatan ekonomi tidak hanya digunakan sebagai ladang untuk mencari materi saja, tapi juga digunakan sebagai media penyelesaian masalah sosial. Berdasarkan uaraian tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan social enterprenuership dan implikasinya terhadap perilaku manajerial karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Sumber data penelitian berasal dari sumber data primer, melalui observasi dan wawancara, serta sumber data sekunder melalui kajian pustaka dan dokumentasi mengenai tema yang sama. Analisis data dijabarkan secara deskriptif dengan pendekatan sosiologis. Penulis berpedoman pada gagasan Gregory Dees untuk menjelaskan konsep social enterprenuership. Teori Pertukaran Sosial Peter M Blau digunakan untuk mengkaji implementasi nilai- nilai agama dan implikasi nilai-nilai Islam terhadap perilaku manjerial karyawan. Hasil penelitian ini memaparkan penerapan social enterprenuership di perusahaan Preksu dilakukan melalui implementasi nilai-nilai agama Islam dalam sistem kerja dan tata aturan perusahaan. Social enterprenuership di perusahaan Preksu mempunyai beberapa program yaitu shalat tepat waktu dan berjama’ah, tadarus AlQur’an sebelum memulai pekerjaan, berpenampilan syar’i, kajian Islam setiap hari jum’at, menghadirkan suasana Islami di setiap outlet, mengadakan promo gratis makan dan minum bagi konsumen yang puasa sunnah senin/kamis dan membaca surat AlKahfi, dan mengadakan bakti sosial untuk pihak-pihak yang membutuhkan. Nilai-nilai Islam memberi implikasi terhadap perilaku manajerial karyawan berupa peningkatan ketaqwaan. Karyawan yang rajin ibadah serta religiusitasnya tinggi mendapat pengahargaan lebih baik dari pimpinan maupun karyawan lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi., M.Si., Psi.
Uncontrolled Keywords: Social Enterprenuership, Impelentasi Nilai-Nilai Agama, Perilaku Manajerial, Perusahaan Ayam Geprek dan Susu (PREKSU)
Subjects: Agama (Religion)
Manajemen > Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Jul 2021 14:44
Last Modified: 02 Aug 2021 12:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43081

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum