PENGEMBANGAN MODUL OLIMPIADE KIMIA SMA/MA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

NURIN NGAINI RIZQUNA, NIM. 16670017 (2020) PENGEMBANGAN MODUL OLIMPIADE KIMIA SMA/MA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL OLIMPIADE KIMIA SMA/MA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA)
16670017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL OLIMPIADE KIMIA SMA/MA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA)
16670017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan ajang kompetisi dalam bidang sains yang diikuti oleh peserta didik pada jenjang SD, SMP, dan SMA dengan meliputi 9 (sembilan) bidang keilmuan, yaitu: bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi. OSN memiliki silabus yang mengarah pada soal-soal non rutin yaitu soal dengan prosedurnya tidak jelas yang memerlukan penalaran lebih mendalam dibanding soal-soal SMA sehingga peserta didik kesulitan dalam mengerjakan soal-soal OSN. Terlebih lagi waktu yang disediakan untuk pembinaan olimpiade sangat terbetas, sehinggga dibutuhkan sumber belajar yang dapat membantu peserta didik belajar secara mandiri Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul olimpiade pada mata pelajaran kimia SMA pokok bahasan kesetimbangan kimia berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru kimia, dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilakukan. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, empat guru kimia, dan direspon oleh sepuluh peserta didik. Penilaian kualitas dilakukan dengan metode expert judgement yaitu produk dinilai oleh ahli sesuai bidangnya. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk yang telah divalidasi merupakan media cetak berukuran B5 berisi materi kesetimbangan kimia yang memuat soal-soal olimpiade dan disertai pembahasan pada setiap soalnya. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 94% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase 96% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian produk oleh guru kimia SMA/MA mendapatkan persentase 89,5% dengan kategori Sangat Baik (SB). Buku ini direspon positif oleh peserta didik dengan persentase sebesar 86%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Kamaludin, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Modul, Olimpiade Sains Nasional Bidang Kimia, Kesetimbangan Kimia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Sains
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Aug 2021 10:18
Last Modified: 19 Aug 2021 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43401

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum