MEDIA GAMBAR DALAM PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI TK AL ISLAM I JAMSAREN SURAKARTA JAWA TENGAH (Studi Eksperimen Pada Anak Usia Prasekolah Kelompok B4)

TITIK NURHAYATI, NIM. 00420183 (2004) MEDIA GAMBAR DALAM PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI TK AL ISLAM I JAMSAREN SURAKARTA JAWA TENGAH (Studi Eksperimen Pada Anak Usia Prasekolah Kelompok B4). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MEDIA GAMBAR DALAM PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI TK AL ISLAM I JAMSAREN SURAKARTA JAWA TENGAH (Studi Eksperimen Pada Anak Usia Prasekolah Kelompok B4))
00420183_Bab I_Bab IV_Pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MEDIA GAMBAR DALAM PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI TK AL ISLAM I JAMSAREN SURAKARTA JAWA TENGAH (Studi Eksperimen Pada Anak Usia Prasekolah Kelompok B4))
00420183_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Taman Kanak-kanak merupakan suatu lembaga pendidikan formal paling awal. Dengan pengertian lain, pendidikan prasekolah secara formal diwujudkan dalam bentuk Taman Kanak-kanak yang pada hakekatnya merupakan tempat bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain. Sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R[ No. 0125/J/1994 tanggal 16 Mei 1994 disebutkan bahwa program kegiatan belajar TK bertujuan untuk: membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, ketrampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkemban gan selanjutnya. Untuk mencapai tujuan pendidikan diatas, maka diuraikan menjadi program kegiatan belajar dalam rangka pengembangan kemampuan dasar yang meliputi: 1. DayaCipta 2. Bahasa 3. Daya Pikir 4. Ketrampilan Pengajaran bahasa Arab bagi anak prasekolah adalah suatu aktivitas atau proses penggasaan pengetahuan ketrampilan belajar mengajar yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan dan membina ketrampilan bahasa Arab fusha. Pengajaran bahasa Arab di TK ini bertujuan untuk memberikan bekal bahasa asing dalam bentuk yang sangat sederhana yaitu dalam bentuk penguasaÍln kosakata, karena kosakata sangat memegang peranan penting dalam bahasa asing, terlebih dalam proses belajar mengajar bahasa arab. Kualitas berbahasa seseorang jelas tergantung pada kualitas dan kuantitas kosakata yang dimiliknya. Semakin banyak kosakata yang dimiliki maka semakin besar juga kemungkinan untuk trampil berbahasa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Sejauh mana belajar bahasa Arab dengan menggunakan media gambar dapat memberikan kemudahan bagi anak usia prasekolah di TK Al-Islam kelompok 84 dalam menguasai kosakata Bahasa Arab? Z. Adakah perbedaan yang signifrkan antara hasil belajar kosakata bahasa Arab yang menggunakan media gambar dengan pengajaran biasa (tanpa menggunakan media gambar)? Setelah memaparkan seluruh hasil eksperimen secara detail, maka sebagai akhir dari pembahasan penelitian ini dapat penulis kemukakan beberapa kesimpulan sebagai berikut; l. Pengajaran bahasa Arab khususunya tentang kosakata (mufrodat) dengan menggunakan media gambar sangat efektif dan efisien dalam meningkatkan penguasaan bahasa Arab siswa TK Al-Islam kelompok 84, terbukti dengan perbedaan beda rata-rata sebesar 10,7369 bagi kelompok eksperimen dan hanya 2,4210 bagi kelompok kontrol.. 2. Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kosakata bahasa Arab dengan mempergunakan mçdia gambar dengan pengajaran biasa (tanpa menggunakan media gambar). Dengan menggunakan uji "t" terbukti bahwa: dari df sçbesar 36 diperoleh harga tr,it sebesar 10,958. Sementara pada taraf signifikan 5Yoharga tþb sebesar 2,03 danpadataraf signifikan 1%oharga ttau sçbesar 2,72, sehinggaharga tr,¡t jauh lebih besar dari harga ttuu baik pada taraf signifikan 5 % maupun l%o (2,03 < 10,958 > 2,72).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: DRS. H. AHAD RODLI, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, BAHASA ARAB, TARBIYAH, PENDIDIKAN
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Aug 2021 09:57
Last Modified: 20 Aug 2021 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43438

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum