Enriching Socioreligious Dynamics A Macrostructural Analysis on Publications of the Indonesian Association for the Sociology of Religion (ASAGI)

Adib Sofia, - (2021) Enriching Socioreligious Dynamics A Macrostructural Analysis on Publications of the Indonesian Association for the Sociology of Religion (ASAGI). ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 22 (1). pp. 17-33. ISSN 1411-3775 E-ISSN 2548-4729

[img] Text (Enriching Socioreligious Dynamics A Macrostructural Analysis on Publications of the Indonesian Association for the Sociology of Religion (ASAGI))
Enriching Socioreligious Dynamics A Macrost.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1630454754.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
Official URL: http://ejournal.uin-suka.ac.id/ushuluddin/esensia/...

Abstract

Asosiasi Sosiologi Agama Indonesia (ASAGI) mengakomodasi 15 program studi Sosiologi Agama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Asosiasi telah memiliki kesepakatan dalam beberapa hal, seperti visi, misi, pengembangan keilmuan, desain kurikulum, matakuliah wajib, dan sebagainya. Akan tetapi, setiap program studi memiliki kekhasan keilmuannya masing-masing yang dilatari oleh sejarah, keilmuan dan arah pengembangan lembaga yang berbeda. Jurnal sebagai keluaran yang langsung berhubungan dengan masyarakat intelektual seharusnya mampu mengungkap kekhasan keilmuwan setiap lembaga tersebut. Akan tetapi, kekhasan itu tidak serta-merta mudah dilakukan. Tulisan ini mengungkap dua hal, yaitu; Pertama, diferensiasi tema kajian yang khas dari tiap institusi melalui struktur makro jurnal; Kedua, kesesuaian diferensiasi kajian yang dipublikasikan dalam jurnal yang terasosiasi oleh ASAGI dengan narasi ekspektasi yang diberikan oleh setiap lembaga yang bersangkutan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ASAGI; Diferensiasi; Struktur makro; Narasi ekspektasi
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Jurnal > 11. Esensia
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 01 Sep 2021 07:13
Last Modified: 01 Sep 2021 07:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43663

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum