PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR FIQIH PADA SISWA KELAS VIII DI MTSN 6 SLEMAN

Anisa Caturini, NIM.: 13410213 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR FIQIH PADA SISWA KELAS VIII DI MTSN 6 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR FIQIH PADA SISWA KELAS VIII DI MTSN 6 SLEMAN)
13410213_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR FIQIH PADA SISWA KELAS VIII DI MTSN 6 SLEMAN)
13410213_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Minat belajar merupakan suatu kekuatan yang dapat mendorong seseorang untuk belajar, minat yang dimiliki oleh seseorang bukanlah bawaan dari lahir melainkan sesuatu yang dikembangkan. Salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa adalah penggunaan model pembelajaran yang sesuai dan menarik bagi siswa. Contextual Teaching and Learning merupakan suatu bentuk pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan peserta didik secara utuh agar dapat menemukan materi yang dipelajari serta menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata untuk diterapkan dalam kehidupan mereka sehingga pembelajaran akan menjadi lebih berarti dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap minat belajar Fiqih pada siswa kelas VIII di MTsN 6 Sleman. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Variabel terikat pada penelitian ini adalah minat belajar Fiqih sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 6 Sleman sebanyak 164 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cara sampling purposive, sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan skala minat belajar Fiqih dan observasi. Analisis instrumen meliputi validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas, berdasarkan uji prasyarat diketahui bahwa data penelitian bersifat normal dan homogen. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample TTest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learning terhadap minat belajar Fiqih. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pada t hitung lebih besar daripada t tabel yaitu 4,212 > 1,998. Dan mean pada kelompok eksperimen lebih besar dari mean kelompok kontrol, yaitu 104,51 > 97,937.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Minat belajar Fiqih, model Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 06 Sep 2021 11:13
Last Modified: 06 Sep 2021 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43872

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum