IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMA NEGERI 1 BAYAT

Vinda Nastaina Ulya, NIM 14410077 (2020) IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMA NEGERI 1 BAYAT. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMA NEGERI 1 BAYAT)
14410077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMA NEGERI 1 BAYAT)
14410077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan pasal 10 UU Republik Indonesia No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, terdapat empat kompetensi yang harus dikuasai oleh guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Sedangkan pada PMA No.16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah/ Madrasah terdapat lima kompetensi yang harus dikuasai guru PAI. Yang membedakan yaitu kompetensi kepemimpinan. Dalam kenyataannya banyak yang menganggap bahwa kompetensi kepemimpinan hanya milik kepala sekolah atau orang-orang yang berada di struktur organisasi sekolah. Padahal peran kompetensi kepemimpinan guru PAI sangat penting dalam membentuk perilaku keagamaan siswa. SMA N 1 Bayat merupakan sekolah pinggiran yang mempunyai visi berkepribadian dan berakhlak mulia. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penguasaan kompetensi kepemimpinan guru PAI SMA N 1 Bayat, 2) untuk mengetahui peran dan hasil kompetensi kepemimpinan guru PAI dalam membentuk perilaku keagamaan siswa SMA N 1 Bayat, 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kompetensi kepemimpinan guru PAI dalam membentuk perilaku keagamaan siswa SMA N 1 Bayat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMA N 1 Bayat. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang dilakukan adalah sosiologi pendidikan. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penguasaan kompetensi kepemimpinan guru PAI SMA N 1 Bayat sudah baik, sesuai dengan KMA No. 211 Tahun 2011. 2) Peran kompetensi kepemimpinan guru PAI dalam membentuk perilaku keagamaan siswa SMAN 1 Bayat yaitu: bertanggung jawab secara penuh dalam pembelajaran PAI, mengorganisir lingkungan satuan pendidikan demi terwujudnya budaya yang Islami, mengambil inisiatif dalam mengembangkan potensi sekolah, berkolaborasi dengan seluruh unsur di lingkungan sekolah, berpartisipasi aktif dalam pengambilan keputusan di sekolah, membimbing dan melayani konsultasi keagamaan dan sosial. Hasil dari perilaku keagamaan siswa sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari lima dimensi keberagamaan, di antaranya: a) dimensi keyakinan yaitu tadarus Al-Quran, b) dimensi praktik yaitu melaksanakan shalat, c) dimensi pengalaman yaitu kegiatan keagamaan di sekolah, d) dimensi pengetahuan yaitu kegiatan pembelajaran, e) dimensi pengamalan yaitu perilaku terhadap sesama dan perilaku terhadap alam. 3) Faktor pendukung: kerjasama, sarana prasarana, dan SDM. Faktor penghambat: keterbatasan kemampuan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, M.A
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepemimpinan, Perilaku Keagamaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 07 Sep 2021 13:06
Last Modified: 07 Sep 2021 13:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43941

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum