REZIM KECANTIKAN DALAM MEMBANGUN KUASA DAYA TAWAR (STUDI PROFIL TERHADAP TUJUH WARIA DI PONDOK PESANTREN AL - FATAH KOTAGEDE, KOTA YOGYAKARTA)

Saka Noor Hidayatul Amin, NIM.: 17105040011 (2020) REZIM KECANTIKAN DALAM MEMBANGUN KUASA DAYA TAWAR (STUDI PROFIL TERHADAP TUJUH WARIA DI PONDOK PESANTREN AL - FATAH KOTAGEDE, KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REZIM KECANTIKAN DALAM MEMBANGUN KUASA DAYA TAWAR (STUDI PROFIL TERHADAP TUJUH WARIA DI PONDOK PESANTREN AL - FATAH KOTAGEDE, KOTA YOGYAKARTA))
17105040011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (REZIM KECANTIKAN DALAM MEMBANGUN KUASA DAYA TAWAR (STUDI PROFIL TERHADAP TUJUH WARIA DI PONDOK PESANTREN AL - FATAH KOTAGEDE, KOTA YOGYAKARTA))
17105040011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Rezim kecantikan waria menjadi suatu pandangan untuk membahas mengenai wacana tubuh dan orientasi seksual yang menjadi isu yang menyita perhatian banyak kalangan masyarakat. Jauh sebelum Indonesia lahir, Nusantara sudah mengenal dan mempraktekan ritual dalam beragam budaya yang mengakui keberadaan kaum minoritas gender. Seiring dengan perkembangan zaman muncul berbagai tafsir dan sudut pandang masyarakat modern dengan keberagaman gender menjadikan perbincangan suatu hal yang baru dengan terdapatnya stigma negatif. Oleh sebab itu waria dengan pentingnya pengetahuan dari sebuah pengalaman hidup. Hal ini menarik peneliti karena waria di Yogyakarta terdapat sebuah wadah untuk menaungi waria dari berbagai Kota yang ingin belajar keagamaan. Kehadiran Pondok Pesantren Waria Al-Fatah yang terdapat di kediaman Shinta Ratri yang berada di Kotagede, kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologis. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah tujuh waria. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, metode observasi, dan dokumentasi. Peneliti melakukan pengamatan secara terlibat dalam kegiatan yang dilakukan di Pondok Pesantren Waria AlFatah Kotagede. Sedangkan peneliti menggunakan analisis historis teorinya Michael Foucault yaitu rezim pengetahuan/kekuasaan. Hasil penelitian ini, peneliti fokus terhadap profil tujuh waria yang berkaitan dengan sejarah kehidupan masa lalu waria yang berhubungan dengan masa kini mulai dari : keluarga, pekerjaan, pendidikan, penolakan atau penerimaan identitas diri, alasan waria urbanisasi di Yogyakarta, mendapatkan pertemanan dan keagamaan. Mendeskripsikan mengenai rezim kecantikan melalui pengalaman hidup dan pengalaman praktik spiritualitas waria dengan analisis historis teorinya Michael Foucault yaitu rezim pengetahuan/kekuasaan. Kehidupan tujuh waria yang mengalami problem psikis untuk merubah tubuhnya, agar waria ini diterima di lingkungan masyarakatnya maka waria menggunakan kecantikan. Dari kecantikan tersebut mereka terjebak oleh rezim kecantikan sehingga memfungsikan tubuhnya sebagai ruang relasi sosial yang bertujuan untuk meningkatkan daya status sosial dan meningkatkan kesejahteraan keluarga demi untuk mendapatkan uang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Rr. Siti Kurnia Widiastuti, S.Ag., M.Pd., M.A.
Uncontrolled Keywords: Makna Kecantikan Waria, Pengalaman Hidup Waria, Pondok Pesantren Waria Al-Fatah, dan Rezim Pengetahuan/Kekuasaan
Subjects: Sosiologi Agama
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Sep 2021 10:41
Last Modified: 10 Sep 2021 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44147

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum