PENGEMBANGAN KURIKULUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB JENJANG SARJANA MENGACU KKNI DAN SN-DIKTI DI IAIN SULTAN AMAI GORONTALO

Syindi Oktaviani R. Tolinggi, NIM.: 18204020030 (2020) PENGEMBANGAN KURIKULUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB JENJANG SARJANA MENGACU KKNI DAN SN-DIKTI DI IAIN SULTAN AMAI GORONTALO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB JENJANG SARJANA MENGACU KKNI DAN SN-DIKTI DI IAIN SULTAN AMAI GORONTALO)
18204020030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB JENJANG SARJANA MENGACU KKNI DAN SN-DIKTI DI IAIN SULTAN AMAI GORONTALO)
18204020030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Pokok dasar penelitian ini adalah adanya tuntutan yang semakin besar agar pendidikan tinggi dapat memproduksi lulusan, termasuk lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Arab yang mampu memposisikan diri terhadap berbagai perubahan dalam perkembangan globalisasi. Mampu menjawab tantangan dunia industri, serta memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat. Untuk dapat merealisasikan hal tersebut, maka seluruh perangkat pembelajaran di dalam pendidikan tinggi harus mengalami peninjauan kembali, khususnya kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri dan memotret bagaimana pengembangan kurikulum di Prodi PBA IAIN Sultan Amai Gorontalo mengacu KKNI dan SN-Dikti, yang terdiri dari proses perencanaan, implementasi dan evaluasi kurikulum. Karena ketiga proses tersebut saling berkorelasi untuk dapat menciptakan lulusan yang diharapkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen kurikulum Prodi PBA, Ketua dan/atau Sekretaris Prodi PBA, dosen dan tenaga pengajar, mahasiswa, serta tim pengembang kurikulum, yang merupakan sumber data utama. Sedangkan sumber data pendukung adalah data-data dari Prodi, seperti profil Prodi dan dokumen pelengkap lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: (1) wawancara/interview, (2) pengamatan/observasi yang dilakukan pada perkuliahan daring di Prodi PBA, dan (3) dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Analisis yang dilakukan juga berpedoman pada beberapa buku panduan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi. Hasil analisis dalam penelitian ini menemukan: Pertama, perencanaan kurikulum di Prodi PBA IAIN Sultan Amai Gorontalo telah dilakukan secara kontekstual dan terstruktur, dengan memenuhi langkah-langkah sebagaimana dalam buku panduan pengembangan kurikulum pendidikan tinggi mengacu KKNI dan SN-Dikti. Akan tetapi, penetapan keluasan dan kedalaman bahan kajian pada masing-masing mata kuliah masih belum secara rinci dan jelas. Kedua, implementasi kurikulum Prodi PBA masih belum berjalan dengan optimal, apalagi pada perkuliahan yang dilakukan secara daring (online). Belum optimalnya implementasi kurikulum tersebut dikarenakan dua hal, yaitu: (1) keberagaman persepsi dosen dan belum terpenuhinya seluruh komponen dalam RPS yang disusun oleh dosen pengampu, dan (2), perubahan perkuliahan secara daring yang terjadi tiba-tiba menyebabkan Prodi dan dosen belum siap dalam melakukan perencanaan penyesuaian perkuliahan. Ketiga, hasil dari evaluasi kurikulum masih belum ditindaklanjuti oleh Prodi dengan segera. Proses evaluasi juga belum melibatkan respon dan masukan dari mahasiswa sebagai pengguna kurikulum.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum, Prodi PBA, KKNI dan SN-Dikti
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Sep 2021 00:01
Last Modified: 15 Sep 2021 00:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44237

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum