STRATEGI PEMBANGUNAN PARTISIPATIF PEMERINTAH DESA PANGGUNGHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL DALAM KONTEKS IMPLEMENTASI UU DESA NO.6 TAHUN 2014

Bambang Fitrianto, NIM. 14720037 (2020) STRATEGI PEMBANGUNAN PARTISIPATIF PEMERINTAH DESA PANGGUNGHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL DALAM KONTEKS IMPLEMENTASI UU DESA NO.6 TAHUN 2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBANGUNAN PARTISIPATIF PEMERINTAH DESA PANGGUNGHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL DALAM KONTEKS IMPLEMENTASI UU DESA NO.6 TAHUN 2014)
14720037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBANGUNAN PARTISIPATIF PEMERINTAH DESA PANGGUNGHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL DALAM KONTEKS IMPLEMENTASI UU DESA NO.6 TAHUN 2014)
14720037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul didaulat sebagai desa terbaik dalam pencapainya melaksanakan pembangunan desa secara partisatif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kemunculan pembangunan partisipastif Desa Panggungharjo dalam konteks implementasi UU desa No 6 Tahun 2014. Penelitian ini menggunakan teori good governance dan partipasi. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dan bertujuan untuk menggambarkan fenomena sosial. Fenomena pembangunan partisipatif di Desa Panggungharjo. Proses penggalihan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data,display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembangunan partisipatif yang dilakukan oleh pemerintah desa Panggungharjo adalah dengan menerapkan konsep serta prinsip-prinsip good governance dalam tata kelola pemerintahannya. Prinsip-prinsip penting good governance berupa transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas menjadi basis pembangunan dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan serta pertanggungjawaban di Desa Panggungharjo. Prinsip-prinsip good governance tersebut juga sesuai dengan yang diamanatkan Undang-undang desa No 6 Tahun 2014 pada bab 9 pembangunan desa. Kunci dari keberhasilan pembangunan desa adalah pembangunan partisapatif yang melibatkan baik dari pemerintah maupun semua elemen dari masyarakat desa itu sendiri. Dengan kata lain, Pemerintah desa Panggungharjo dalam mengupayakan pembangunan partisipatif dalam konteks implementasi UU desa No 6 Tahun 2014 sebagai aktor dalam struktur sistem sosial tatanan kemasyarakatan dapat menjalankan perannya dengan baik, sehingga membentuk keseimbangan dan mendapat pencapaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muryanti, S.Sos
Uncontrolled Keywords: Pembangunan Partisipatif, good governance dan UU desa
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Sep 2021 10:51
Last Modified: 13 Sep 2021 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44279

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum