UPAYA PENGURUS ASRAMA DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PADA MAHASISWA KABOKI YOGYAKARTA

Fajrul Alfatih, NIM.: 17104010137 (2020) UPAYA PENGURUS ASRAMA DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PADA MAHASISWA KABOKI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENGURUS ASRAMA DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PADA MAHASISWA KABOKI YOGYAKARTA)
17104010137_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENGURUS ASRAMA DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PADA MAHASISWA KABOKI YOGYAKARTA)
17104010137_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini pada asrama KABOKI Yogyakarta, karena beberapa dari mahasiswa menujukan sikap kurang baik, dari tutur katanya yang kurang santun dan perilakunya kurang sopan. Seperti contohnya mahasiswa yang sulit diatur, kegiatan keagamaan asrama yang belum jelas, pengaruh game online, sehingga masalah inilah yang menimbulkan dampak buruk pada mahasiswa itu sendiri, lingkungan, bahkan asrama, kemudian kurangnya sikap menghargai kepada yang lebih tua yang belum dikenalinya, dan faktor ini juga yang bisa menimbulakan rasa acuh, dan sulit dinasehati oleh yang lebih tua darinya. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang upaya pengurus asrama dalam meningkatkan religiusitas melalui kegiatan kegamaan pada mahasiswa KABOKI Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pengurus dalam meningkatkan religisuitas melalui kegiatan keagamaan pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitan deskriptif kualitatif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mengambil latar asrama KABOKI Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, kemudian di tarik dengan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan tringulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Dari hasil penelitian ditunjukan bahwa (1) upaya pengurus dalam meningkatkan religiusitas mahasiswa yaitu pengurus berperan sebagai kakak, teman, dan sebagai orang yang lebih dahulu, berpengalaman di asrama KABOKI Yogyakarta. (2) macam- macam kegiatan keagamaan diantaranya yaitu shalat berjamaah, ceramah keagamaan, tahlilan dan yasinan, baca hadist, tadarus Qur’an, hari besar Islam. Semua kegiatan tersebut masuk dalam meningkatkan religiusitas, baik meningkat ibadah, kedisiplinan, mental dan akhlak. (3) faktor pendukung dan hambatan dalam meningkatkan religiusitas. Faktor pendukung diantaranya program pengurus yang jalan, fasilitas yang memadai, pengurus yang ramah muda berbaur, tidak pilih kasih, dana kegiatan yang tercukupi. Faktor penghambat diantaranya, kesadaran mahasiswa dalam peraturan, jarang pulang ke asrama, jadwal kegiatan yang belum jelas, pengaruh game online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Rofik, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan religiusitas dan kegiatan keagamaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 15 Sep 2021 08:13
Last Modified: 15 Sep 2021 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44337

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum