PERAN PENDAMPINGAN USAHA OLEH BANK WAKAF MIKRO TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI SEKITAR LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA

KHUSNA AKHMAD KANDIYAS MAULIDANA, NIM. 17107020062 (2021) PERAN PENDAMPINGAN USAHA OLEH BANK WAKAF MIKRO TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI SEKITAR LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PENDAMPINGAN USAHA OLEH BANK WAKAF MIKRO TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI SEKITAR LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
17107020062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN PENDAMPINGAN USAHA OLEH BANK WAKAF MIKRO TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI SEKITAR LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
17107020062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dalam pembangunan ekonomi nasional, UMKM mempunyai kedudukan yang strategis. Selain mendukung perkembangan ekonomi secara nasional, UMKM juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang dapat menyerap tingginya tingkat pengangguran. Hal ini akan memberikan dampak yang besar dalam kegiatan perekonomian secara makro. Adapun permasalahan utama pelaku UMKM adalah keterbatasan modal. Menyikapi hal tersebut, maka OJK membuat suatu inovasi lewat pilot project yang bernama “Bank Wakaf Mikro” yang berdiri di area pondok pesantren sebagai pengganti pinjaman dari rentenir, menjauhi sistem riba, serta memberikan pengarahan dan pendampingan usaha. Kehadiran Bank Wakaf Mikro (BWM) sebagai bagian dari Lembaga Keuangan Mikro diharapkan mampu mengurangi ketimpangan dan kemiskinan di masyarakat. BWM sebagai lembaga keuangan bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam memeberikan permodalan serta pembiayaan kepada masyarakat berpenghasilan menengah kebawah dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui proses obsevasi, wawancara kepada nasabah serta pengurus BWM, dan dokumentasi.Adapun Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan yang dikemukakan oleh Sumodiningrat, yang meliputi enabling, empowering, dan protecting. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peran pendampingan usaha oleh bank wakaf mikro terhadap pemberdayaan masyarakat di sekitar lingkungan pondok pesantren al-munawwir krapyak Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pendampingan yang dilakukan oleh Bank Wakaf Mikro Almuna Berkah Mandiri berjalan dengan baik melalui aktivitas halaqoh mingguan (halmi). Di dalam halmi tersebut para nasabah dibuat kelompok– kelompok halaqoh dengan pembagian 10-15 nasabah agar para nasabah saling menjalin kekompakan serta memiliki rasa tanggung jawab dan untuk meminimalisir masalah antara nasabah dengan lembaga BWM dalam mengangsur pinjaman maka BWM memiliki sebuah program yang biasa di sebut juga dengan “tanggung renteng”, yaitu diantara para nasabah di dalam kelompok tersebut apabila ada anggota yang kesulitan dalam menangsur pinjaman maka akan ditanggung bersama oleh anggota kelompok yang lain. sehingga antar nasabah akan saling berkerja sama dalam mengembangakan usaha mereka. Dengan demikian dapat kita pahami bahwa pendirian BWM Almuna Berkah Mandiri memberikan pengaruh positif terhadap pemberdayaan masyarakat sekitar lingkungan pondok pesantren al-munawwir. Dan dengan adanya program pendampingan usaha oleh BWM mampu menghambat permodalan yang memberatkan masyarakat (rentenir) serta mampu meningkatkan pendapatan dan kemampuan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Yayan Suryana, S. Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Bank Wakaf Mikro; Pemberdayaan Ekonomi; Program Pendampingan Usaha dan Pondok Pesantren
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Sep 2021 18:11
Last Modified: 15 Sep 2021 18:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44417

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum