PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP/MTs DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POKOK PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI

Kamarohuda, NIM. 16600003 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP/MTs DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POKOK PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP/MTs DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POKOK PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI)
16600003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP/MTs DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POKOK PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI)
16600003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik masih tergolong rendah, salah satu yang menjadi penyebabnya adalah tidak adanya media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang digunakan pendidik dalam pembelajaran adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika SMP/MTs dengan pendekatan kontekstual menggunakan model pembelajaran think pair share (TPS) untuk memfasiitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pokok persegi panjang dan persegi yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Kelayakan LKPD didasarkan pada kriteria validitas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi oleh Depdiknas. Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu: 1) melakukan analisis produk, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian LKPD yang terdiri dari empat komponen penilaian yaitu komponen kelayakan isi, komponen kebahasaan, komponen penyajian, dan komponen kegrafikan. Lembar penilaian LKPD telah direvisi oleh tiga orang validator ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKPD matematika SMP/MTs dengan pendekatan kontekstual menggunakan model pembelajaran TPS untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pokok persegi panjang dan persegi telah memenuhi kriteria ketercapaian valid. Valid berdasarkan penilaian para ahli yang menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan termasuk kategori Sangat Baik dengan persentase keidealan 91,5%, dan skor rata-rata adalah 183 dari skor maksimal ideal 200. Kesimpulan yang didapatkan, produk LKPD yang telah dikembangkan bisa digunakan atau dijadikan referensi dalam kegiatan pembelajaran matematika pada materi persegi panjang dan persegi dan dapat dilanjutkan pada tahap selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Utami Zuliana, S.Si., M.Sc., Ph,D
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pendekatan Kontekstual, Think Pair Share (TPS), Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Sep 2021 09:40
Last Modified: 17 Sep 2021 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44507

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum