PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN PADA JENJANG SMA KELAS XI

Fahrizal Ibnu Pradana, NIM.: 1620410035 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN PADA JENJANG SMA KELAS XI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN PADA JENJANG SMA KELAS XI)
1620410035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN PADA JENJANG SMA KELAS XI)
1620410035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari banyaknya tindak kekerasan yang terjadi di dunia pendidikan terutama di sekolah. Hal ini didukung oleh beberapa kasus kekerasan yang terjadi pada anak dalam dunia pendidikan. Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk meminimalisir adanya tindak kekerasan di sekolah adalah dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan anti kekerasan. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan anti kekerasan ke dalam materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti, sehingga penelitian ini difokuskan pada pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis nilai-nilai pendidikan anti kekerasan pada jenjang SMA kelas XI. Tujuan penulisan tesis ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang berbasis nilai nilai pendidikan anti kekerasan dan dapat diaplikasikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi dan angket atau kuesioner. Adapun analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik analisis isi dan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bahan ajar pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang digunakan selama ini menggunakan buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 terbitan Kemendikbud. Namun demikian nilai-nilai pendidikan anti kekerasan yang terdapat dalam buku tersebut masih sedikit porsinya. 2) Pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis nilai-nilai pendidikan anti kekerasan pada jenjang SMA Kelas XI dilakukan dengan menggunakan model Borg & Gall yang dimulai dari tahap penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk, uji coba produk, hingga terakhir revisi hasil uji produk. Pengembangan produk pada penelitian ini hanya sampai pada tahap menghasilkan produk dan tidak sampai pada tahap diseminasi dan penggunaan. 3) Pengujian keterbacaan produk dilakukan dalam tiga tahapan yaitu tahap uji coba lapangan awal, uji coba produk utama, dan uji coba lapangan skala luas. Pada uji coba lapangan awal, produk mendapatkan persentase keterbacaan 87 % dari ahli materi yang berarti baik, dan mendapatkan persentase keterbacaan 75,8 % dari ahli media yang berarti cukup baik. Pada uji coba produk utama, produk mendapatkan persentase keterbacaan 97,6 % dari guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang berarti sangat baik, dan mendapatkan persentase keterbacaan 90,5 % dari siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ajibarang yang berarti sangat baik. Pada uji coba lapangan skala luas, produk mendapatkan persentase keterbacaan sebesar 84 % yang artinya baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Aninditya Sri Nugraheni, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan bahan ajar, pendidikan anti kekerasan, pendidikan agama islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2021 09:54
Last Modified: 29 Oct 2021 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44588

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum