KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF K.H. AHMAD DAHLAN

Muhammad Ary Rahmawan, NIM : 13410013 (2020) KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF K.H. AHMAD DAHLAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF K.H. AHMAD DAHLAN)
13410013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF K.H. AHMAD DAHLAN)
13410013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD ARY RAHMAWAN. Konsep Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif K.H. Ahmad Dahlan. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2020. Latar belakang Melihat kondisi masyarakat pada masa itu dengan masih kondisi dijajah dan masyarakat masih percaya tahayul dan menyembah roh-roh, jauh dari kesejahteraan dan susah menerima ajaran agama yang benar karena hanya percaya pada ajaran nenek moyang serta terjadinya dikotomi dunia pendidikan yang mana pendidikan umum hanya didapat dari sekolah-sekolah Belanda dan pendidikan agama hanya didapat dari pesantren-pesantren. Untuk itu menarik untuk dibahas bagaimana K.H. Ahmad Dahlan merentaskan dikotomi dalam dunia pendidikan yang terjadi sehingga merubah kehidupan masyarakat pada masanya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan histori, dengan mereduksi kemudian menginterpretasi dan menganalisis isi sumber yang ada. Dari hasil penelitian ini didapatkan dengan konsep pendidikan agama Islam yang diterapkan oleh K.H. Ahmad Dahlan di masyarakat memiliki tujuan utama untuk mengintegralkan dunia pendidikan umum dan dunia pendidikan agama sehingga tidak terjadi dikotomi pendidikan dan menghasilkan “ulama-intelek” atau “intelek-ulama” yang memiliki keteguhan iman dan ilmu yang luas. Dengan tujuan pendidikan moral untuk memperbaiki akhlak, pendidikan individu untuk memperbaiki hubungan jasmani dan rohani, dan pendidikan kemasyarakatan untuk membangun kesadaran hidup msyarakat. Dengan melalui metode kontekstual pada zamannya sehingga pembelajaran dihubungkan dengan situasi yang terjadi, lewat dialog antara murid dan pengajar sehingga wawasan lebih terbuka dan lebih terkenang serta dengan metode pengamalan langsung terhadap ilmu yang didapat sehingga tidak mudah untuk terlupakan. Dan dengan kurikulum yang berlandaskan Alquran dan hadis, serta penekanan kepada akhlak dan sosial dengan maksud murid tidak hanya mendapatkan ilmu agama namun juga mendapatkan ilmu umum. Adapun saran untuk lembaga pendidikan dan orang tua adalah dengan mampu menerapkan konsep mengajar atau menasehati yang tidak hanya berlandaskan teks namun lebih kepada konteks zaman dan lebih kepada pengamalan di keseharian. Kata Kunci: integral, pendidikan, agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DRS. NUR HAMIDI, MA
Uncontrolled Keywords: 1. integral, 2. pendidikan, 3. agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos. WIDYASTUTI KARTINI
Date Deposited: 21 Sep 2021 15:15
Last Modified: 21 Sep 2021 15:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44655

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum