PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN SMA/MA

RAHIELANAMY, NIM. 17106070039 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN SMA/MA)
17106070039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN SMA/MA)
17106070039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik pada pembeljaran abad 21 ini. HOTS adalah keterampilan berpikir yang menuntut pemikiran kritis, kreatif, dan analitis terhadap informasi dan data untuk memecahkan suatu permasalahan. Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dapat dilatih dan dikembangkan melalui aktivitas pembelajaran mulai dari proses hingga penilaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian tes bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi sifat koligatif larutan, mengetahui kelayakan produk instrumen penilaian tes bermuatan HOTS pada materi sifat koligatif larutan, dan mengetahui analisis butir produk (soal) bermuatan HOTS materi sifat koligatif larutan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Penelitian ini terdiri atas dua tahap yaitu tahap studi pendahuluan dan tahap pengembangan. Subjek uji coba pada penelitian ini adala 40 peserta didik kelas XII MAN Temanggung. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi validasi kelayakan produk oleh satu ahli materi, satu ahli media, dan lima reviewer (guru SMA/MA); uji validitas dan reliabilitas produk menggunakan SPSS; dan analisis butir soal yang meliputi tingkat kesukaran, daya pembeda butir soal, dan efektivitas pengecoh menggunakan AnBuso 8.0. Produk penelitian berupa soal pilihan ganda bermuatan HOTS pada materi sifat koligatif larutan sebanyak 20 butir soal dengan lima alternatif jawaban. Berdasarkan hasil validasi kelayakan produk oleh ahli materi, ahli media, dan reviewer yang diolah menggunakan formula Aiken’s V menunjukkan seluruh butir soal layak digunakan. Hasil analisis uji empiris dengan SPSS menunjukkan 17 butir soal valid dengan angka reliabilitas sebesar 0,823. Tingkat kesukaran butir soal rata-rata 0,550 (sedang), dan rata-rata daya pembeda butir soal sebesar 0,424 (soal baik). Adapun efektivitas pengecoh dengan persentase 70% berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Instrumen Penilaian Tes, Soal, Higher Order Thinking Skills, Sifat Koligatif Larutan
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Sep 2021 11:21
Last Modified: 23 Sep 2021 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44707

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum