PEMAKNAAN SIMBOL TRADISI LOKAL GREBEG SYAWAL DI BUKIT SIDOGURO DESA KRAKITAN KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN

Mohammad Syamsul Huda, NIM.: 17107020027 (2021) PEMAKNAAN SIMBOL TRADISI LOKAL GREBEG SYAWAL DI BUKIT SIDOGURO DESA KRAKITAN KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMAKNAAN SIMBOL TRADISI LOKAL GREBEG SYAWAL DI BUKIT SIDOGURO DESA KRAKITAN KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN)
17107020027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMAKNAAN SIMBOL TRADISI LOKAL GREBEG SYAWAL DI BUKIT SIDOGURO DESA KRAKITAN KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN)
17107020027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Budaya merupakan sebuah cara pandang hidup yang bisa berkembang, dibagikan oleh sekelompok orang, serta diwariskan dari generasi ke generasi. Dalam kebudayaan grebeg syawal didesa krakitan yang masih dilestarikan dan masyarakat antusias dalam perayaan karena memiliki nilai historis dan nilai keyakinan sebuah makna yang masih dipegang. Dalam penelitian ini bertujuan unntuk mengetahui bagaimana masyarakat memaknai tradisi grebeg syawal. Penelitian ini dilaksanakan di desa krakitan, kecamatan bayat, kabupaten klaten dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskirptif serta dengan menggunakan pendekatan fenomenologi untuk mendapat gambaran dalam prespektif yang mendalam. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan kacamata teori interaksionis simbolik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara observasi tempat terselenggaranya acara grebeg syawal, wawancara untuk langsung mendapatkan informasi dari anggota pemerintah desa dan masyarakat desa krakitan dan dokumentasi untuk memperoleh data data berupa gambar. Analisis data melalui tahapan pengelompokan data, reduksi data, model data dan pernarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat desa krakitan memaknai tradisi grebeg syawal sebagai ungkapan rasa syukur, permohonan maaf atas semua kesalahan yang telah lalu dan sebagai wujud ikatan sosial masyarakat media silaturahmi antar masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Napsiah, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kehidupan Sosial dan Adat Istiadat, Grebeg Syawal, Masyarakat
Subjects: Islam dan Tradisi
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 06 Oct 2021 10:14
Last Modified: 06 Oct 2021 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44732

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum