PERAN PEMERINTAH DESA PARANGTRITIS DALAM KONSERV ASI GUMUK PASIR PARANGTRITIS KRETEK BANTUL YOGYAKARTA PERSPEKTIF MASLAHAH MURSAIAH

Syaifullah Sholihin, NIM.: 13370077 (2020) PERAN PEMERINTAH DESA PARANGTRITIS DALAM KONSERV ASI GUMUK PASIR PARANGTRITIS KRETEK BANTUL YOGYAKARTA PERSPEKTIF MASLAHAH MURSAIAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEMERINTAH DESA PARANGTRITIS DALAM KONSERV ASI GUMUK PASIR PARANGTRITIS KRETEK BANTUL YOGYAKARTA PERSPEKTIF MASLAHAH MURSAIAH)
13370077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEMERINTAH DESA PARANGTRITIS DALAM KONSERV ASI GUMUK PASIR PARANGTRITIS KRETEK BANTUL YOGYAKARTA PERSPEKTIF MASLAHAH MURSAIAH)
13370077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada November 2018 di gumuk pasir. Gumuk pasir terletak sebelah barat pantai Parangkusumo yang merupakan salah satu pantai di kawasan Pantai Parangtritis, tepatnya berada di JI. Pantai Parang Ku sumo, Grogol 10, Pantai Parangtritis, Kecematan Kretek, Bantu!, Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peran pemerintah desa Parangtritis dalam konservasi gumuk pasir yang dilakukan pada akhir tahun 2016. Konservasi gumuk pasir dinilai mendesak untuk dilakukan. Kajian akademik dan data lapangan menunjukkan telah terjadi perusakan gumuk pasir sebagai ekowisata dari tahun ke tahun. Padahal gumuk pasir merupakan fenomena alam unik yang dimiliki oleh Indonesia. Maka langkah restorasi diambil pemerintah demi pemulihan gumuk pasir. Namun di area inti gumuk pasir terdapat masyarakat yang telah bermukim, menanamkan aset dan menjadikan lahan gumuk pasir sebagai mata pencaharian. Jika dikonservasi otomatis pemukiman masyarakat akan ditertibkan. Menyikapi hal itu terdapat pro-kontra di masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan mengumpulkan informasi dengan cara observasi serta wawancara secara mendalam terhadap responden di area penelitian dan pihak terkait yang dianggap memiliki kepentingan, sehingga dapat diperoleh infonnasi yang tepat dan dapat dipertanggungjawabkan. Kemudian data tersebut dianalisis menggunak.an teori maslahah ,nursalah dengan mengedepankan kemaslahatan masyarakat dalam mengambil peran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah desa Parangtritis memilih sikap berhati-hati dalam menyikapi konservasi gumuk pasir. Pemerintah tidak mengikutsertakan masyarakat dalam bersialog dalam memperjelas relokasi dan ganti rugi terhadap aset-aset mereka yang telah tertanam lama di gumuk pasir. Sehingga masyarakat tidak membongkar bangunan mereka sendiri. sikap kehati-hatian tersebut telah membuat terncamnya hunian masyarakat. Meskipun begitu langkah yang diambil oleh pemerintah dalam konservasi telah sesuai dengan semangat Islam dalam menjaga lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Jahroh, S.H.l., M.SI.
Uncontrolled Keywords: Desa Parangtritis; pariwisata; Gumuk Pasir
Subjects: Industri Pariwisata
Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Sep 2021 19:00
Last Modified: 24 Sep 2021 19:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44754

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum