PEMAHAMAN ‘ABDULLAH NASIH ‘ULWAN TERHADAP HADIS-HADIS TARBAWI DALAM KITAB TARBIYAH AL-AULAD FI AL-ISLAM

Fauziah Husaini, NIM. 17105050026 (2021) PEMAHAMAN ‘ABDULLAH NASIH ‘ULWAN TERHADAP HADIS-HADIS TARBAWI DALAM KITAB TARBIYAH AL-AULAD FI AL-ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMAHAMAN ‘ABDULLAH NASIH ‘ULWAN TERHADAP HADIS-HADIS TARBAWI DALAM KITAB TARBIYAH AL-AULAD FI AL-ISLAM)
17105050026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMAHAMAN ‘ABDULLAH NASIH ‘ULWAN TERHADAP HADIS-HADIS TARBAWI DALAM KITAB TARBIYAH AL-AULAD FI AL-ISLAM)
17105050026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini berfokus pada model pemahaman dan hasil pemahaman hadis ‘Abdullah Nasih ‘Ulwan dalam kitab Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam. Hadis-hadis yang dibahas dalam penelitian ini adalah hadis-hadis yang menyangkut tema-tema tarbawi. Penelitian ini juga memaparkan implikasi yang dihasilkan dari pemahaman hadis tarbawi ‘Abdullah Nasih ‘Ulwan terhadap model pendidikan anak. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian library research. Dalam memaparkan pembahasan, penulis menggunakan metode deskriptif-analitik dengan menggunakan data primer berupa kitab Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam yang merupakan salah satu karya ‘Abdullah Nasih ‘Ulwan yang bertema pendidikan. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini berupa buku-buku dan artikel-artikel lain yang berkaitan dengan pembahasan. Setelah melakukan analisis terhadap data yang telah diperoleh, dapat diketahui bahwa ‘Abdullah Na>s{ih} ‘Ulwa>n memposisikan hadis sebagai penguat dan pendukung atas argumen dan gagasannya. Ia menjabarkan suatu hadis sebagaimana lafaz yang terkandung dalam matan. Selain itu, hadis-hadis yang dikutip oleh ‘Abdullah Na>s{ih} ‘Ulwa>n tidak hanya sebatas hadis-hadis yang kuat saja. Ia juga mengutip periwayatan yang lemah dalam masalah-masalah targib. Namun, dalam mengutip riwayat-riwayat yang lemah, ‘Ulwan tetap berpedoman pada beberapa syarat dan kaidah para ulama tentang pembolehan menggunaan periwayatan yang lemah. Implikasi yang timbul dari pemahaman hadis ‘Abdullah Nasih ‘Ulwan terhadap model pendidikan anak mengacu pada aspek dan metode pendidikan anak. ‘Ulwan mengarahkan para pendidik dan orang tua untuk menyadari akan pentingnya pendidikan nilai dan karakter Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa corak pemahaman hadis ‘Abdullah Nasih ‘Ulwan cenderung bersifat tekstualis. Hal ini terlihat dari caranya menjabarkan kandungan hadis sebagaimana makna lahiriah matan hadis tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Indal Abror, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, hadis tarbawi, ‘Abdullah Nasih ‘Ulwan, Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam, model pendidikan
Subjects: Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Sep 2021 13:48
Last Modified: 29 Sep 2021 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44863

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum