PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING DAN TRANSFERRING (REACT) BERMUATAN ETNOKIMIA PADA MATERI ASAM BASA

Anisatul Insyiroh, NIM.: 16670009 (2020) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING DAN TRANSFERRING (REACT) BERMUATAN ETNOKIMIA PADA MATERI ASAM BASA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING DAN TRANSFERRING (REACT) BERMUATAN ETNOKIMIA PADA MATERI ASAM BASA)
16670009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING DAN TRANSFERRING (REACT) BERMUATAN ETNOKIMIA PADA MATERI ASAM BASA)
16670009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran abad 21 memiliki karakteristik yang mengarah pada pembelajaran yang interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, kolaboratif dan berpusat pada peserta didik. Kurangnya sumber belajar kontekstual menjadi salah satu penyebab pembelajaran belum berpusat pada peserta didik dan kontekstual. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul kimia berbasis relating, experiencing, applying, cooperating dan transferring (REACT) bermuatan etnokimia pada materi asam basa dan mengkaji kualitas produk berdasarkan penilaian ahli materi,ahli media, guru kimia dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap. Akan tetapi, penelitian ini dibatasi sampai tahap ketiga yaitu development. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing, tiga peer reviewer, satu ahli materi, satu ahli media dan 4 reviewer (guru Kimia SMA/MA). Kualitas produk pengembangan dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, empat guru Kimia SMA/MA dan direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA. Penilaian kualitas produk dilakukan menggunakan lembar angket Likert skala lima, sedangkan respon terhadap produk dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan mengubah data kualitatif menjadi data kuantitatif. Hasil produk pengembangan berupa modul berukuran B5 berisi materi asam basa yang disusun sesuai dengan rangkaian strategi pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating dan transferring (REACT) dan dilengkapi dengan muatan etnokimia. Hasil penilaian ahli materi memperoleh persentase 91,8% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian ahli media memperoleh persentase 92,63% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian guru Kimia SMA/MA memperoleh persentase 92,5% dengan kategori Sangat Baik (SB). Sedangkan respon peserta didik terhadap produk sangat positif dengan persentase 96,7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Shidiq Premono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, modul, REACT, etnokimia, asam basa
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 29 Sep 2021 15:51
Last Modified: 29 Sep 2021 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44874

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum