IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA PEKALONGAN NOMOR 9 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN AIR LIMBAH PERSPEKTIF FIKIH LINGKUNGAN

Muhammad Isfa’ilah Maulana, NIM.: 15370050 (2020) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA PEKALONGAN NOMOR 9 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN AIR LIMBAH PERSPEKTIF FIKIH LINGKUNGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA PEKALONGAN NOMOR 9 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN AIR LIMBAH PERSPEKTIF FIKIH LINGKUNGAN)
15370050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA PEKALONGAN NOMOR 9 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN AIR LIMBAH PERSPEKTIF FIKIH LINGKUNGAN)
15370050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kota Pekalongan merupakan salah satu kota yang terkenal dengan kesenian dan kebudayaan khasnya yakni batik. Industri batik dari skala kecil sampai skala besar menjamur di Kota Pekalongan. Produksi batik menjadi mata pencaharian yang menunjang perekonomian mayoritas masyarakat Kota Pekalongan. Di sisi lain banyaknya industri batik terlebih industri kecil yang menjamur bukan tanpa masalah, limbah cair batik yang dihasilkan menjadi permasalahan tersendiri ketika dibuang ke perairan umum. Sebab limbah ini bisa menyebabkan tercemarnya lingkungan sekitar. Beberapa sungai di Kota Pekalongan berubah warna, bau dan rasanya akibat limbah salah satunya limbah cair batik. Bisa dilihat di google satelit ketika beberapa warna sungai di Kota Pekalongan menjadi hitam. Dalam penelitian ini penulis mengkaji bagaimana implementasi peraturan daerah kota pekalongan nomor 9 tahun 2015 tentang pengelolaan air limbah di Kelurahan Banyurip. Terkait peraturan tentang pengelolaan air limbah tersebut peneliti menfokuskan terhadap limbah cair batik yang dihasilkan dari produksi batik (home industry) di Kelurahan Banyurip Kota Pekalongan. Hal ini dikarenakan limbah cair masih menjadi salah satu permasalahan utama di Kota Pekalongan. Beberapa pengusaha yang masih membuang limbah cair di buang di perairan umum menjadi suatu masalah sebab bisa menyebabkan pencemaran lingkungan. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian ini adalah deskriptif-analisis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis-empiris, yaitu pendekatan penelitian hukum menggunakan sumber data dari fakta-fakta dalam masyarakat. Sumber data yang digunakan berupa sumber data primer yang berasal dari wawancara dengan pemerintah yang diwakilkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan serta beberapa pelaku usaha produksi batik. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari buku, jurnal, penelitian terdahulu dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif-analisis. Sementara teori yang yang adalah teori implementasi dan fikih lingkungan. Hasil dari penelitian ini bahwa peraturan daerah Kota Pekalongan nomor 9 tahun 2015 tentang pengelolaan air limbah terlebih pasal 4 telah berjalan. Namun pelaksanaan di lapangan terutama di Kelurahan Banyurip kurang efektif. Hal ini dapat terlihat penggunaan IPAL komunal yang kurang begitu efektif karena keterbatasan jumlah juga penampungan. Dari sisi implementasi budaya para pelaku usaha juga menjadi sebab belum terlaksananya pasal 4. Beberapa pelaku usaha masih membuang limbahnya ke perairan umum. Sedangkan dari sisi fikih lingkungan pemerintah telah bertanggung jawab dengan mengimplementasikan peraturan sehingga fardhu kifayah telah dijalankan. Di sisi lain selama masalah tersebut masih ada maka baik pemerintah maupun masyarakat harus tetap berupaya mencegah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ocktoberrinsyah, M.AG.
Uncontrolled Keywords: fiqh al-bī’ah; pembuangan limbah cair; home industry
Subjects: Islam dan Lingkungan
Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Oct 2021 15:17
Last Modified: 04 Oct 2021 15:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44919

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum