MENIGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI SENAM SI BUYUNG PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA CANTEL KEC. PITU KABUPATEN NGAWI

Annis’sa Athus Sholikah, NIM.: 17104030003 (2021) MENIGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI SENAM SI BUYUNG PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA CANTEL KEC. PITU KABUPATEN NGAWI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENIGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI SENAM SI BUYUNG PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA CANTEL KEC. PITU KABUPATEN NGAWI)
17104030003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MENIGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI SENAM SI BUYUNG PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA CANTEL KEC. PITU KABUPATEN NGAWI)
17104030003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia pendidikan anak usia dini terdapat enam aspek, salah satu aspek yang harus di kembangkan adalah aspek motorik anak. Aspek ini berkaitan dengan kemampuan gerak yang dilakukan anak dalam segala aktivitasnya. Pertumbuhan motorik anak baik motorik kasar maupun motorik halus, tidak mungkin berkembang begitu saja, akan tetapi dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya kesiapan belajar, kesempatan belajar, kesempatan praktek, bimbingan, latihan dan motivasi dari guru. Hal tersebut menjadi latar belakang peneliti untuk mengkaji mengembangkan motorik kasar anak dengan senam Si Buyung. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perkembangan motorik kasar anak sebelum dilakukan kegiatan senam Si Buyung, untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan senam Si Buyung kelompok B di TK Dharma Wanita Cantel, untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Dharma Wanita Cantel setelah dilakukan kegiatan senam Si Buyung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan mengambil data yang dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Adapun urutan pelaksanaan penelitian ini mencangkup (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Analisi data yang digunakan yaitu deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari menganalisis hasil catatan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data kuantitatif diperoleh dari menganalisis data observasi berdasarkan penyajian tabel dan presentase. Penentuan kriteria dalam penelitian ini menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Djemari Mardapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mengembangkan motorik kasar anak kelompok B TK Dharma Wanita Cantel sebelum tindakan sebesar 30 % (kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik).(2) Pelaksanaan senam Si Buyung di TK Dharma Wanita Cantel itu sendiri terbukti dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar anak pada awal observasi terkategori rendah hingga observasi siklus II pertemuan ketiga mencapai kategori sangat tinggi meliputi berdiri satu kaki, lari, melompat, koordinasi lengan dan kaki serta kelentukan. (3) setelah diterapkan kegiatan senam Si Buyung, terjadi peningkatan perkembangan motorik kasar anak pada siklus I sebesar 50% (kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik) dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 90% (kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ichsan, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: kemapuan motorik; senam
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Oct 2021 14:53
Last Modified: 06 Oct 2021 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45060

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum