Mafhumul al-Basyir Risa’ Ghanem li ‘Abbas Mahmud al-Aqqaad (Dirasah Tahliliyah Simaiyyah li Charles Morris)

Iradatin Maisura, NIM.: 16110002 (2020) Mafhumul al-Basyir Risa’ Ghanem li ‘Abbas Mahmud al-Aqqaad (Dirasah Tahliliyah Simaiyyah li Charles Morris). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Mafhumul al-Basyir Risa’ Ghanem li ‘Abbas Mahmud al-Aqqaad (Dirasah Tahliliyah Simaiyyah li Charles Morris))
16110002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Mafhumul al-Basyir Risa’ Ghanem li ‘Abbas Mahmud al-Aqqaad (Dirasah Tahliliyah Simaiyyah li Charles Morris))
16110002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Puisi ini dihimpun dalam sebuah antologi puisi yang berjudul ‘Abiru Sabil. Tema dalam diwan ini mengarah kepada keseharian dan kebiasaan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Puisi Risa’ Gha>nem merupakan jenis puisi Risa’ yang menceritakan tentang ratapan Abbas kepada sahabatnya Ghanem yang memiliki akhlak sangat mulia, setianya tidak kandas dan sabarnya tanpa batas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitis yang berpegang pada teori semiotik Charles Morris. Pengumpulan data dilakukan dengan tahap library research (kajian kepustakaan), kemudian mengklasifikasikan tanda berdasarkan ketiga aspek kebahasaan yaitu aspek sintaksis, semantik dan pragmatik. Berdasarkan analisis semiotik dengan menggunakan semiotik Morris, maka peneliti mendapatkan beberapa makna semiotik melalui tiga aspek kebahasaan. Selain itu, peneliti menilai dengan menggunakan teori semiotik Charles Morris bahwa proses pengungkapan makna tanda-tanda dalam puisi Risa’ Ghanem akan lebih sempurna. Hasilnya terungkap fakta bahwa dalam keseluruhan bait puisi lebih didominasi oleh kalimat yang mengandung tanda yang menunjukkan pada kesan kesedihan, kekaguman dan gambaran sosok Ghanem. Tema dari puisi Ris}a>’ Gha>nem adalah tentang ‚ratapan‛. Semua ini didukung oleh kesatuan struktur yang menggambarkan keselarasan antara tema dengan ungkapan, gaya bahasa, dan musikalitas dalam puisi Ris}a’ Ghanem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: DR. HJ. Tatik Marv Tasnimah- M. AG.
Uncontrolled Keywords: Semantik; pragmatik; puisi
Subjects: Kesusastraan Arab > Puisi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Oct 2021 10:41
Last Modified: 11 Oct 2021 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45231

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum