LARANGAN MENGHINA ORANG LAIN DAN KONTEKSTUALISASINYA DENGAN FENOMENA BODY SHAMING (Studi Pendekatan Kontekstual Abdullah Saeed)

INDAH FITRI KURNIASARI, NIM. 17105030089 (2021) LARANGAN MENGHINA ORANG LAIN DAN KONTEKSTUALISASINYA DENGAN FENOMENA BODY SHAMING (Studi Pendekatan Kontekstual Abdullah Saeed). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LARANGAN MENGHINA ORANG LAIN DAN KONTEKSTUALISASINYA DENGAN FENOMENA BODY SHAMING (Studi Pendekatan Kontekstual Abdullah Saeed))
17105030089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (LARANGAN MENGHINA ORANG LAIN DAN KONTEKSTUALISASINYA DENGAN FENOMENA BODY SHAMING (Studi Pendekatan Kontekstual Abdullah Saeed))
17105030089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Menghina adalah salah satu tindakan tercela yang sering kali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Terlebih belakangan ini negara kita, Indonesia baru saja dihebohkan dengan berita yang dirilis oleh Microsoft yang menyatakan bahwa, netizen Indoneisa merupakan netizen yang paling tidak sopan se-Asia Tenggara dalam menggunakan sosial media. Hoaks, ujaran kebencian, dan tindakan diskriminasi merupakan faktorfaktor yang mempengaruhi dalam hal ini. Selanjutnya, mengenai tindakan diskriminasi sendiri, salah satunya muncul dengan tindakan yang dikenal dengan istilah body shaming (menghina dan memberikan komentar buruk terhadap kondisi fisik orang lain). Body shaming selain tergolong dalam perbuatan menghina, juga mengandung unsur diskriminasi. Karena, meski body shaming mulanya dianggap sekedar bahan lelucon semata, namun jika dilakukan secara intens, maka akan berdampak buruk bagi korbannya. Khususnya, dampak psikologis. Korban body shaming akan merasa minder, menjadikan tubuhnya sebagai self objection, lebih jauh lagi korban akan di-bully, sehingga menarik diri dari lingkungannya. Berangkat dari kegelisahan ini penulis tertarik untuk mencari jawaban terkait bagaimana konsep larangan menghina yang dibicarakan oleh Al-

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ali Imron, S.Th.I, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Abdullah Saeed, BODY SHAMING
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Oct 2021 22:04
Last Modified: 11 Oct 2021 22:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45284

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum